Jelang Akhir Tahun, Lawang Sewu Lakukan Renovasi


Lawang Sewu adalah objek wisata di Semarang yang selalu ramai dipadati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Walaupun tempat ini kental akan nuansa mistis, namun Lawang Sewu tetap dijadikan lokasi favorit para pengunjung.

Namun, suasana horor tidak akan terlihat lagi di bangunan bersejarah ini. Pasalnya, Lawang Sewu akan melakukan renovasi di sejumlah gedung jelang akhir tahun 2014. Renovasi bangunan meliputi penecatan dinding, pintu, perbaikan plafon, dan lantai.

Sejak tahun 2010, renovasi sudah dilakukan mulai dari gedung A dan C dengan memakai bahan dari luar negeri. Sekarang, giliran gedung B, D, dan E yang akan diperbaiki dengan memakai bahan lokal.

“Renovasi penambalan bagian yang berlubang tidak pakai semen, tapi bligon, batu bata yang ditumbuk,” kata Manajer Museum PT KAI, Sapto Hartoyo, seperti dilansir Detik, Senin (29/9/2014).

Sapto mengatakan, renovasi gedung tersebut memakan biaya fantastis. “Anggarannya Rp 1,6 miliar dari PT KAI,” tandas Sapto.

Jika sudah selesai di renovasi, gedung B Lawang Sewu tak boleh dikunjungi oleh wisatawan, melainkan disewakan untuk pertokoan dan perkantoran. Sementara gedung D akan digunakan untuk cafe

“Gedung D itu dulunya kantin, akan dikembalikan seperti semula. Loteng bisa buat olahraga badminton dan sebagainya. Dulunya saat dipakai Kodam juga buat olah raga, saat jaman Belanda untuk tempat arsip,” ujar Sapto.

Proses renovasi bertujuan agar kesan horor di Lawang Sewu tak muncul lagi. Sehingga, pengunjung yang datang tak akan merasa ketakutan saat memasuki area tersebut.

“Sekarang sudah tidak seram lagi. Sejak dipugar pengunjungnya meningkat. Bahkan tahun ini meningkat 200 persen dari tahun sebelumnya,” kata Sapto.

Untuk tiket masuk, pihaknya menawarkan harga relatif murah. “Harga tiket masuk tidak naik, masih Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak,” tutup Sapto. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak