4 Kuliner khas Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan


Jika berkunjung ke Bali pasti yang langsung dingat adalah Pantai Kuta, Nusa Dua, dan tempat-tempat eksotis lainnya. Bali memang memiliki sejuta pesona yang tidak bisa dihindari, tak heran banyak wisatawan hingga mancanegara yang sengaja berlibur ke Bali.

Tapi jalan-jalan tak akan lengkap rasanya bila tak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Bali juga memiliki kuliner khas yang dapat membuat siapapun ketagihan. Dikutip dari cnn.com (Selasa, 30/9/2014), berikut ini 4 kuliner khas Bali.

1. Bebek Betutu

Bagi Anda pecinta kuliner olahan bebek. Bebek Betutu khas Bali wajib Anda cicipi. Cara pembuatan bebek ini puncukup mudah. Bebek awalnya dihaluskan dan digosok dengan asam dan garam. Kemudian bebek dicuci, Kemudian bagian dalam bebek diisi dengan telur, daun singkong, dan bumbu rajeng khas Bali.

Setelah itu bebek dibungkus dalam sekam pinang atau bisa juga pakai daun pisang., dan dikukus sampai dagingnya empuk dan tulangnya lunak.

2. Sate Lembat

Sate ini biasanya terbuat dari daging babi, itik, ayam, dan penyu.  Sate ini tidak disajikan dengan bumbu kacang melainkan dengan sambal matah yang merupakan khas Bali. Rasanya lezat, gurih, dan tentu saja pedas. Warung makan yang menjual sate ini diantaranya Alila Uluwatu.

3. Babi Guling

Babi guling juga merupakan salah satu kuliner yang biasa ada di Bali. Babi guling ini biasanya diisi dengan bumbu khas Bali seperti daun jeruk, ketumbar, bawang merah, serai, cabai, lada hitam, daun salam, bawang putih, jahe, dan kencur. Babi dipanggang menggunakan kayu atau serabut kelapa biar matangnya emrata.

4. Lawar

Lawar merupakan campuran dari beberapa bahan seperti sayuran, kelapa parut, daging cincang yang diberi bumbu-bumbu. Yang menjadi ciri khas masakan ini ialah, diberi campuran darah dari daging yang digunakan untuk memasak. Daging yang dipakai biasanya daging babi, ayam, dan sapi.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak