Lagi, Film â??Frozenâ?? Dituding Sebagai Hasil Jiplakan


Film â??Frozenâ? kembali dituduh menjiplak hasil karya orang lain. Setelah Mayim Bialik, kini tudingan tersebut datang dari seorang penulis asal Peru bernama Isabella Tanikumi. Isabella mengklaim bahwa kisah â??Frozenâ? dicuri dari buku autobiografi â??Yearnings of the Heartâ?, bukan diangkat dari dongeng karya Hans Christian Andersen seperti disebut Disney selama ini.

Isabella yang terlahir dengan nama Amy Gonzalez ini bahkan telah mengajukan tuntutan terhadap Disney dengan nilai ganti rugi sebesar USD 250 juta (sekitar Rp 3 triliun) pada 21 September lalu. Isabella menyebut Disney meniru cerita, karakter, dan plot bukunya yang sudah diterbitkan 2010 silam dengan 18 cara berbeda.

â??Aku baru-baru ini membeli dan menonton film â??Frozenâ?? dengan putriku dan terkejut dengan apa yang kulihat. Kisah tentang dua kakak beradik yang mengalami tragedi, romansa, konflik, isolasi, dan kesepian (dalam bukuku) ada kemiripan dengan filmmu,â? bunyi laporan Isabella seperti dilansir dari Fox News, Selasa (30/9/2014).

Salah satu yang mirip, menurut Isabella, bukunya dibuka dengan kisah hidupnya yang tinggal di kaki pegunungan bersalju bersama kakaknya, Laura, dan kedua orang tua mereka. â??Frozenâ? pun tinggal di desa (Arendelle) yang terletak di kaki pegunungan bersalju. Elsa dan Anna juga hidup bersama orang tua mereka.

Lebih lanjut, Isabella menyebut Disney meniru hubungannya dengan Laura. Sama seperti Elsa dan Anna, Laura dan Isabella punya warna rambut berbeda, punya kuda, dan saling menyayangi. Isabella bahkan menyebut kematian Anna meniru kisah Laura yang meninggal dalam kecelakaan.

Disney belum memberikan tanggapannya mengenai tuduhan ini. â??Frozenâ? sendiri memecahkan rekor film animasi berpendapatan terbesar dari Disney dengan penghasilan mencapai USD 1,2 miliar di global box office. Lagu soundtracknya, â??Let It Goâ? yang diciptakan Robert Lopez juga sukses memenangkan Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony awards. Namun Isabella lagi-lagi menyebut bahwa lagu tersebut juga dicuri dari kisah hidupnya. (nrl)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak