Mari Santap ‘Brekecek’ Lezat ala Cilacap

Cilacap adalah salah satu kota di Indonesia dengan segudang kuliner lezatnya. Salah satu menu andalan kota ini adalah Brekecek. Memang terdengar aneh nama hidangan ini, namun rasa masakan ini sangat enak di lidah.

Tak sulit menemukan menu ini di kota Cilacap. Hotel Dafam Cilacap adalah salah satu tempat yang menjual hidangan ini. Heni Febriyanti, selaku Public Relation Hotel Dafam mengatakan, nama brekecek berasal dari kata “brek” yang artinya dijatuhkan atau diletakkan, dan “kecek” yang artinya dikecek-kecek bumbunya.

Seperti dilansir Kompas, Jumat (3/10/2014), brekecek di Cilacap berbahan utama kepala ikan Jahan. “Seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput pathak atau kepala ikan tersebut,” ujar Heni

Menurut Heni, cita rasa brekecek mirip dengan masakan rica-rica. “Kepala ikan Jahan atau pathak tersebut dicampur dikecek dengan bumbu khas dan cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa ricaâ??rica. Namun tentunya berbeda karena memiliki sesuatu yang berbeda di dalamnya,” lanjut Heni

Hotel Dafam Cilacap pun berniat untuk menjadikan brekecek sebagai menu utama di hunian ini. “Tak lain dan tak bukan kami ingin lebih memperkenalkan kuliner khas Kota Cilacap ini yang memang sangat kaya dengan hasil laut,” ungkap Heni.

Selama tiga bulan mulai Oktober hingga Desember 2014, Hotel Dafam Cilacap akan mengadakan Festival Brekecek untuk mempromosikan hidangan lezat ini kepada para tamu hotel. Tak hanya ikan, nantinya brekecek di sini akan disajikan dengan komposisi lain seperti  udang, cumi, daging dan ayam serta hasil laut yang lain.

“Dengan harga yang terjangkau, menu ini diharapkan dapat memenuhi keingintahuan tamu hotel maupun pengunjung yang sengaja ingin makan di restoran Hotel Dafam. Sajian brekecek ini dapat dinikmati setiap hari di Rafless Resto,” tutup Heni. (nha)

Written by Janah

Simple Girl

Tian Chi, Danau Surga asal China

Tak Mau Pikun di Usia Tua? Jangan Stres