VIDEO: Letusan Gunung Ontake di Jepang


Setelah 35 tahun tanpa erupsi besar, gunung berapi setinggi 3.067 m di Jepang meletus secara tiba-tiba hari Sabtu tanggal 27 September lalu. Gunung Ontake yang populer di kalangan pendaki tersebut memuntahkan debu, batu dan uap.

Dalam pembicaraan dengan kantor berita AFP, Jacques-Marie Bardintzeff dari Universitas Paris-Sud Orsay dan Cergy-Pontoise mengatakan erupsi mendadak semacam itu jarang terjadi. “Biasanya, gunung berapi menjadi aktif setelah 30 atau 40 tahun, ada pertandanya 24 hingga 72 jam sebelum letusan. Pergerakan magma dan mikro-seismik tercatat. Ada perubahan suhu,” katanya seperti dilansir dari smh.com.au, Sabtu (4/10/2014).

Erupsi Ontake yang diduga menewaskan lebih dari 30 orang tersebut, tidak hanya terjadi secara tiba-tiba tetapi juga berbahaya karena meletus di akhir pekan saat dipenuhi banyak pendaki dan turis.

“Kombinasi faktor-faktor tersebut mengubahnya menjadi sebuah bencana,” kata Bardintzeff. Ia menambahkan, ada penjelasan berbeda yang menyebabkan erupsi dadakan tersebut. “magma bisa menemukan celah yang memungkinnya naik ke atas dengan satu gerakan. Ini sangat jarang terjadi.”

Dua hari setelahnya, yaitu hari Senin tanggal 29 September, sejumlah helikopter dikerahkan untuk mengangkut satu per satu korban tewas yang masih berada di lokasi. Tetapi sehari setelahnya upaya tersebut terpaksa tidak dilanjutkan. Bau belerang yang sungguh menyengat di pucuk gunung Ontake memaksa tim penyelamat menghentikan langkah tersebut karena bau belerang serta gas-gas beracun lainnya akan sangat membahayakan kesehatan mereka.

Badan Metereologi Jepang memperingatkan, letusan susulan masih mungkin terjadi dan diikuti puing-puing serta abu vulkanik di wilayah sekitar gunung. BMG Jepang juga sudah memberlakukan status siaga 3 untuk gunung Ontake serta menghimbau orang-orang untuk tidak dekat-dekat dengan lokasi gunung berapi tersebut.

Bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Ontake di Jepang itu? Anda bisa saksikan sendiri videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak