Tips Aman Makan Daging Saat Idul Adha


Sebentar lagi seluruh umat muslim di dunia akan merayakan hari raya Idul Adha, bahkan di beberapa negara, perayaan Idul Adha diadakan pada hari ini Sabtu (4/10). Hidangan daging kambing dan daging sapi pun akan bertebaran di meja makan saat merayakan lebaran haji ini.

Seringkali Anda lupa dan kalap memakan semua daging yang tersedia di meja makan Anda. Padahal terlalu banyak makan daging tidak baik untuk kesehatan apalagi untuk Anda yang berusia lanjut.

Untuk Anda yang tidak bisa menahan godaan makan daging saat merayakan Idul Adha, dikutip dari kompas.com (Sabtu, 4/10/2014), berikut ini tips aman makan banyak daging yang tidak membahayakan bagi tubuh.

1. Imbangi dengan Sayur dan Buah

Setelah mengonsumsi banyak daging, baik kambing maupun sapi, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan sayur dan buah-buahan. Semakin banyak buah dan sayur yang dimakan akan semakin baik. Pilih buah yang kaya dengan kandungan antioksidan seperti apel.

2. Pilih Masakan Rendah Lemak

Bagi yang ingin makan banyak daging saat perayaan Idul Adha, pilihlah daging yang paling rendah lemaknya, seperti bagian paha. Jangan pilih bagian perut dan iga karena mengandung banyak lemak. Bagi para ibu yang memasak olahan daging sebaiknya pada saat merebus daging, sisa lemak yang mengambang pada air sebaiknya dibuang dan diganti dengan air rebusan yang baru. Pilih juga masakan dengan kuah bening, dan hindari masakan dengan kuah santan.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik setelah makan makanan yang berlemak. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membakar kalori yang ada dalam tubuh. Lakukanlah aktivitas fisik selama 30 menit hingga 1 jam setiap hari. Olahraga bisa mulai dari yang ringan seperti jogging, lompat tali, atau senam lantai yang bisa dilakukan di rumah.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak