Acara ‘Menuju Janji Suci Raffi-Nagita’ Dinilai Lecehkan Frekuensi Publik


Sejak kemarin hingga hari ini, acara pernikahaan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad ditayangkan secara live oleh sebuah stasiun televisi swasta Trans TV. Sontak, tayangan ini pun mendapatkan rating tertinggi selama dua hari berturut-turut.

Meski begitu, tayangan tersebut justru dianggap melecehkan frekuensi publik. Pasalnya, acara ini ditayangkan untuk menyiarkan rangkaian pernikahan sepasang artis. Trans TV pun dinilai sudah melecehkan hak publik untuk mendapatkan manfaat dari pengelolaan frekuensi.

“Apa yang kita lihat dalam siaran langsung pernikahan tersebut adalah penyalahgunaan frekuensi publik yang dilakukan secara telanjang dan sewenang-wenang. Ironisnya, bukan sekali ini saja hal ini dilakukan oleh stasiun televisi,” ujar Direktur Remotivi Roy Thaniago, seperti dilansir MetroTv, Jumat (17/10/2014).

“Tayangan tersebut merupakan pemanfaatan frekuensi publik untuk kepentingan privat yang tidak memiliki manfaat sama sekali bagi publik,” lanjut Roy.

Berdasarkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS), seharusnya pihak stasiun televisi bisa memperhatikan kemanfaatan dan perlindungan untuk kepentingan publik. Pernyataan ini diuraikan pada pasal 13 ayat 2.

“Memang aturan tersebut tidak mengatur secara definitif tentang muatannya. Maka itu dibutuhkan keberanian KPI, sebagai regulator, untuk menafsirkan lebih jauh semangat dari UU Penyiaran dan pasal per pasal di P3-SPS,” urai Roy

Tayangan berjudul Menuju Janji Suci Nagita Slavina dan Raffi Ahmad ini disiarkan secara langsung selama dua hari, dua malam pada 16-17 Oktober 2014, sejak pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB atau 14 jam sehari.

Hadiansyah Lubis selaku Public Relations Manager Trans TV mengaku merasa sangat diuntungkan dengan adanya tayangan pernikahan Raffi dan Nagita. “Kami juga mendapat kemasan program yang bisa menjadi daya tarik penonton juga. Bukan sekedar ditampilkan biasa saja,” katanya.

Adapun alasan Trans TV menayangkan pernikahan Raffi dan Nagita lantaran sang aktor memiliki kedekatan dengan pihak stasiun televisi tersebut. “Raffi, kan, bagian dari Trans TV juga, sering tampil di sini,” tutup Hadiansyah. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak