Buras, Makanan Khas Suku Bugis


Di negara kita terdapat banyak suku, mulai dari suku Jawa, Sunda, Mandar, Makassar, Kaili, Bugis dan sejumlah suku-suku lainnya. Dari banyaknya suku itu, tentunya memiliki berbagai makanan khas yang biasa disediakan jika acara-acara besar bersama keluarga tiba.

Itulah yang terlihat di rumpun orang-orang Suku Bugis asal Sulawesi Selatan di Palu. Mereka menggelar syukuran keluarga dengan menyediakan makanan khas sukunya. Makanan atau kuliner khas itu, bernama Buras.

Jika dilihat sepintas, Buras sangat mirip dengan kue basah khas Suku Jawa, Lemper. Namun, yang membedakan dua makanan itu adalah bahan dasarnya. Buras terbuat dari beras, sedangkan Lemper terbuat dari beberapa bahan dasar, mulai dari ubi, pisang, dan ketan. Hanya saja, yang membuat kedua makanan itu mirip adalah sama-sama dibungkus oleh daun pisang sebagai kulitnya.

Dilansir dari Liputan6, Jumat (24/10/2014), Buras sendiri oleh sejumlah orang-orang Suku Bugis memakannya dengan beberapa campuran makanan lainnya. Seperti kari ayam, daging, dan telur. Tiga campuran makanan ini harus wajib disediakan menemani Buras saat hajatan keluarga digelar.

Selain dihajatan khusus keluarga, Buras ternyata juga harus wajib disediakan jika hari-hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha tiba.

Buras sebenarnya tidak jauh berbeda juga dengan olahan berbahan dasar beras lainnya, seperti halnya Ketupat. Apa lagi, Ketupat sudah menjadi tradisi juga yang harus disajikan saat hajatan khusus keluarga dan hari-hari besar keagamaan tiba. Bahkan, memakan Ketupat juga wajib dengan campuran kari ayam, daging, dan telur.

Akan tetapi, rasa Buras yang sangat berbeda dengan Ketupat. Karena Buras dimasak khusus dengan campuran santan. Makanya saat Buras dicicipi berasa gurih dan aromanya yang begitu khas.

Bahkan tidak hanya beda dirasa, bungkusan Ketupat yang berasal dari janur dan pandan juga menjadi pembeda dua makanan berkategori wajib itu.

Bagi Anda yang memiliki hajatan di keluarga, mungkin bisa mencoba menu Buras ini sebagai salah satu makanan yang wajib ada saat hajatan. (tom)

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak