Melongok Festival Kematian di Amerika Serikat


Jika biasanya, suatu festival atau perayaan menghadirkan suasana meriah atau suka cita. Maka lain halnya dengan festival yang diselenggarakan di negara Amerika Serikat.

Ini adalah Dia de Los Muertos yang artinya Festival Kematian. Dari namanya saja sudah membuat orang merinding. Lantas, bagaimana rangkaian festival tersebut dilakukan.

Mulanya, festival kematian dibawa oleh para imigran Meksiko. Dahulu kala, orang-orang Meksiko merayakan festival ini setiap awal bulan November. Meski festival itu bernuansa mistis, nyatanya tradisi itu berlanjut di beberapa negara di kawasan Amerika seperti Venezuela, Chile, Ekuador hingga AS.

Seperti dikutip dari CNN Travel, Rabu (29/10/2014), Dia de Los Muertos di AS baru saja digelar pada Sabtu (25/10). Festival kematian ini berlokasi di La Vista Memorial Park, National City, San Diego, California.

La Vista Memorial Park sendiri ialah pemakaman luas yang sudah berusia 140 tahun. Ketika festivalnya berlangsung, pemakamannya dihadiri oleh masyarakat berkostum lengkap dengan hiasan tengkorak. Festival ini diikuti oleh orang dewasa dan anak-anak.

Acara ini mulai dilangsungkan dari pukul 12.00 siang sampai 21.00 malam waktu setempat itu. Syarat untuk datang ke festival ini cukup mudah. Seseorang harus mengecat wajah dengan gambar tengkorak dan memberi warna-warna cerah untuk hiasan.

Meski didalamnya terdapat banyak tengkorak, namun hiasan seram itu ditaruh bukan untuk menakuti-nakutin orang lain, melainkan menjadi suatu penghormatan bagi seseorang yang telah meninggal dan mengingatkan yang masih hidup tentang kematian.

Tak hanya itu saja, sebagian orang yang hadir ke festival ini juga membersihkan kuburan-kuburan keluarganya. Bagi penduduk Meksiko, Dia de Los Muertos merupakan tradisi yang luhur dan masih diadakan hingga saat ini.

Jika tak ada aral melintang, Festival Kematian rencananya akan digelar di La Vista Memorial Park. Bagaimana JBers? Anda berminat hadir?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak