Mencicipi Kuliner Lezat khas Aceh


Indonesia memang memiliki sejuta kuliner yang menggugah selera. Dari Sabang sampai Merauke, punya ciri khas kulinernya masing-masing dengan beraneka macam rasa dan warna. Berbicara tentang Sabang, kota kecil ini pun memiliki beragam wisata kuliner unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Berikut ini tiga kuliner yang wajib Anda coba ketika menyambangi kota Sabang di Aceh, Sumatera.

1. Mie Sedap

Ketenaran mi yang satu ini tak ada duanya di Sabang. Berlokasi di Jalan Perdagangan, warung makan ini beroperasi mulai dari pukul 08.00 hingga 22.00. Nama “Mi Sedap” sendiri diambil dari nama warung makannya “sedap”. Kuliner mi ini begitu sederhana, yakni hanya mi rebus yang diberi toping berupa daging ayam yang dipotong berbentuk dadu. Meski begitu, Anda harus mengantri untuk merasakan kelezatan mi ini, karena setiap hari antrean pembeli begitu panjang.

2. Mie Jalak

Selain mi sedap, kuliner mi lainnya yang patut Anda coba adalah mi jalak. Nama mi jalak diambil dari nama sang pembuat yakni Pak Jalak. Mi ini pun selalu ramai oleh pengunjung. Mi ini berisi campuran tauge, daun bawang, potongan ikan berbentuk dadu, dan disiram dengan kuah bening. Mi Jalak bisa Anda nikmati di kawasan Jalan Perdagangan tepatnya di toko Pulau Baru. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

3. Sate Gurita

Jika biasnaya sate berupa potongan daging ayam, kambing, atau sapi. Tapi di Sabang Anda akan menemukan sate langka yakni sate gurita. Dagingnya lembut ditambah dengan sambal kacang membuat rasanya semakin nikmat. Anda bisa menikmatinya bersama lontng ataupun nasi. Rasanya begitu gurih dan berbeda dari sate pada umumnya. Anda bisa menemukan sate gurita di Pujasera atau di pusat kuliner kota Sabang yang buka dari pukul 19.00 hingga 23.00 waktu setempat.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak