Cantiknya Festival ‘Perang Bunga’ di Cordoba


Setiap musim semi tiba, tepatnya pada awal bulan Mei, di Spanyol ada pemandangan yang cantik di kota Cordoba. Di sana rumah-rumah dihiasi dengan berbagai macam bunga indah. Rupanya itu adalah sebuah festival “Fiesta of the Patios” atau dikenal dengan “Perang Bunga” untuk menyambut musim semi.

Festival Perang Bunga Cordoba
Festival Perang Bunga Cordoba

Dilansir dari Amusing Planet, Minggu (2/11/2014), selama 2 minggu, warga Cordoba akan membuka patio atau taman yang terletak di tengah atau di dalam rumah untuk memamerkan bunga milik mereka. Mereka berlomba-lomba menghiasi jendela dengan bunga krisan, lili, melati dan geranium nan cantik serta amparan bunga seperti karpet dan dibentuk ala mozaik sengaja ditata agar bisa dilihat publik.

Festival Perang Bunga Cordoba
Festival Perang Bunga Cordoba

Pengunjung bisa melihat karpet bunga, mosaik Islam buatan tangan, dan fitur air yang menghiasi halaman. Biasanya teras itu tidak terbuka untuk umum, tetapi selama festival ini berlangsung, semua bisa melihat ke dalam. Teras paling indah akan keluar sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah uang.

Cordoba sendiri memiliki iklim kering dan panas sehingga memiliki patio sejak jaman Romawi. Namun seni menghias patio dengan bunga dipopulerkan orang Arab untuk mengurangi cuaca panas. Cordoba pernah menjadi pusat peradaban Arab pada abad 10 yaitu Al-Andalus dengan penduduk setengah juta jiwa.

Festival Perang Bunga Cordoba
Festival Perang Bunga Cordoba

Keberadaan patio dianggap penting terutama saat menerima tamu terlebih setelah Cordoba ditaklukkan Kristen pada abad 13. Keberagaman bunga pada era abad 18-19 oleh pengaruh asing tersebut menambah ramai mendekorasi patio di Cordoba.

Meski begitu, Festival Patio pertama digelar oleh Cordoba City Hall pada 1918 dan ditambahkan pemilihan pemenang sejak 1921. Sedangkan pemberian hadiah besar-besar baru dipopulerkan 1933. Banyak kategori yang dipertandingkan seperti modern, Islami, komunitas, keluarga tunggal dan lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak