Mentari Belder, Model Cantik Bermimpi Jadi Aktivis Anak


“Aku orangnya nggak romantis,” jawab wanita yang kini berambut bondol namun tetap tampil anggun. Tapi ia punya cita-cita yang mulia. Yakni membantu kaum anak-anak yang tertindas. Ya, dia adalah Mentari Belder, model berdarah campuran Belanda-Ambon yang masih muda belia.

Mentari Belder
Mentari Belder

“Nggak semua orang Ambon berkulit hitam lho,” begitu jawaban perempuan yang karib disapa Tari kepada JadiBerita di sebuah kafe kawasan Kuningan, baru-baru ini.

Menjadi model bukanlah perkara mudah. Butuh proses panjang dan harus melintasi perjalanan yang berliku. Hal itu diakui Tari. Langkahnya terjun ke dunia model pun sempat ditentang orangtua.

“Selain butuh channel. Orangtuaku mikir ada pandangan negatif tentang model. Tapi Hobi aku di situ (model) dan keinginanku emang di situ,” ungkap Tari yang sempat memiliki rambut panjang.

Gadis yang segera menginjak usia 20 tahun pada 5 Desember mendatang ini mengaku tak menghiraukan stigma negatif dari orang lain soal profesi model.

“Yang penting kitanya nggak kaya gitu kan. Jadi aku pikir positif aja, orang bilang apa. aku nggak peduli,” ujarnya, dengan tatapan serius.

Untuk itu, Tari tetap menapaki kariernya di dunia model meski tak direstui orangtua. Atas pilihan itu, dia mengaku harus menyambung hidup dari jerih payahnya sendiri.

Debut Tari menjadi model adalah pada masa SMA di Ambon. Ketika itu, ia menjadi model couple dalam prewedding. Hijrah ke Bandung, Tari kemudian mulai menggeluti dunia model, sembari menempuh pendidikan tinggi studi Akutansi di Universitas Pasundan.

“Aku menikmati masa-masa itu. Sejak itu lah aku mulai menekuni dunia model,” kata Tari yang lahir dari seorang ayah berdarah Sulawesi¬†Selatan dan ibu yang berasal dari Belanda.

Selama berkecimpung di dunia model, Tari mengakui beberapa kali mendapat tawaran ‘nakal’, yakni berpose tanpa pakaian sama sekali. Tapi ia dengan tegas menolaknya.

“Awalnya sih dibilangnya hanya berpose biasa, tapi kemudian bilang harus buka ini, buka itu. Sejauh itu, aku nggak pernah mau. Tapi kalau masih pakai pakaian yang wajar, aku mau,” ucap Tari.

Selain itu, Tari juga mengaku pernah mendapat tawaran untuk dipotret dan diorbitkan menjadi model papan atas tapi harus memberikan pelayanan “plus-plus”.

“Pernah juga aku ditawari seperti itu, tapi aku jelas menolaknya. Aku memang pengin terkenal, tapi tidak dengan cara-cara yang seperti itu,” tegasnya.

Tak Suka Clubbing

Meski berprofesi sebagai model, Tari berbeda dengan sebagian besar tipikal seorang wanita pada umumnya. Dia tak suka pergi clubbing atau pun jalan-jalan. Tari bisa dibilang “anak rumahan”.

Mentari Belder
Mentari Belder

“Makanya temen-temenku, adikku harus bujukin aku dulu biar aku mau diajak jalan-jalan,” kata dia, sambil tersenyum. “Aku sukanya di kamar, nonton tv, nonton film Korea.” Tari juga mengaku suka membaca buku, misalnya buka karya Karen Armstron dan buku sejarah.

Lebih jauh, Tari kembali mengutarakan cita-cita mulianya. Dia berniat terjun ke dunia hiburan untuk mengumpulkan uang demi membangun sebuah yayasan atau lembaga swadaya masyarakat dalam bidang perlindungan anak.

“Jadi, pengin kerja di KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Aku suka sama anak-anak. Aku suka sama dunia sosial. pingin buat LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Jadi pingin kerja di dunia entertainment, ngumpulin duit untuk di LSM,” urai Tari.

Lain karier, lain lagi kisah cintanya. Tari mengaku sejauh ini menjalani hubungan dengan sejumlah pria. Lumayan banyak, katanya. Selama itu, Tari menjalin asmara paling lama dengan seorang pria selama 4 tahun.

“Selain pacaran 4 tahun, selebihnya aku nggak pernah pacaran sampai 1 bulan. Sekarang sudah jomblo sebulan,” beber Tari.

“Aku pernah diselingkuhin, pernah juga selingkuh tapi nggak lama, karena ribet. Aku susah atur waktu untuk 2 cowo sekaligus, jadi aku nggak bakat selingkuh,” imbuh wanita berzodiak tersebut, sambil terkekeh.

Tentu seseorang yang pernah menjalani hubungan cinta pernah mengalami hal romantis. Bagaimana dengan Tari? “Pengalaman romantis, aku, waktu itu aku diajak dinner dadakan, nggak dibilangin. Banyak lilin dan bunga-bunga, tapi lucunya aku dinner cuma pakai tanktop dan sandal jepit karena memang langsung diajak dadakan gitu. Ceritanya dia ngajak balikan, tapi aku tolak”

Bicara pria idaman, sosok lelaki seperti apa yang diinginkan Tari? “Yang baik, yang mateng, yang sopan. putih, tinggi, sipit” ungkap Tari. Wanita berambut kecokelatan ini juga mengaku lebih suka dipeluk ketimbang dicium.

Apakah Kamu masuk dalam kriteria yang Tari dambakan?

Biodata

  • Nama Lengkap: Mentari Belder
  • Tempat Tanggal Lahir : Ambon, 5 Desember 1994
  • Status : Single
  • Aktivitas : Model, kuliah (Jurusan Akutansi, Semester 5 Universitas Pasundan)
  • Film Favorit : Komedi Romantis Korea
  • Band/penyanyi Favorit : Westlife
  • Makanan Favorit : Ikan goreng
  • Minuman Favorit : Air mineral

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak