Indahnya Teluk Naga Halong di Vietnam


Teluk Halong adalah nama sebuah teluk yang berada di barat laut Vietnam. Nama teluk itu sendiri secara harafiah berarti ‘naga yang sedang turun’. Jika diperhatikan, tebing-tebing karang yang menghiasi teluk tampak seperti sosok ular naga yang meliuk-liuk.

Menurut legenda yang dikutip dari Lonely Planet, Minggu (9/11/2014), teluk itu diciptakan oleh seekor naga. Selagi turun dari pegunungan, naga tersebut memukul-mukulkan ekornya ke lembah, hingga tebing-tebing runtuh. Begitu naga tersebut masuk ke laut, ceruk-ceruk lembah pun terisi air hingga menjadi teluk seperti sekarang.

Namun terlepas dari legenda yang meliputinya, Teluk Halong tetap merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di kawasan Asia Tenggara. Teluk ini dipenuhi ribuan pulau karang kecil berselimut tumbuh-tumbuhan hijau. Selain itu airnya yang tenang dan berwarna kehijauan membuat pelayaran mengarungi teluk menjadi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya itu, di sekitar teluk juga terdapat gua-gua tepi laut yang indah, yaitu Thien Cung (Gua Istana Surga), Dau Go (Gua Kayu Apung), Sung Sot (Gua Kejutan), dan Tam Cung (Gua Tiga Istana). Gua-gua tersebut menampilkan stalagtit dan stalagmit yang diterangi lampu berwarna-warni.

Sebuah desa terapung kecil berada di tepiannya. Seluruh penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan konon tak pernah menginjakkan kaki ke daratan. Berkat keunikan alam dan budayanya itulah, Teluk Halong bisa masuk ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

Tetapi bukan itu saja yang menjadikan Teluk Halong luar biasa. Saat malam hari pantai ini akan menampilkan fenomena pendar cahaya. Menurut Traveler’s Guide 360, untuk menyaksikan fenomena bioluminesensi di pantai ini diperlukan kegelapan total.

Tampaknya untuk bisa menikmati pemandangan alam yang indah, Anda tak perlu jauh-jauh untuk berpindah benua, karena di Asia, khususnya Asia Tenggara, masih banyak tempat wisata alam yang bisa kita kunjungi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak