Banana Split, Menu Favorit di Kedai Es Krim Zangrandi


Sejak dibangun pada tahun 1930an, kedai Es Krim Zangrandi hingga kini masih dijadikan sebagai tempat makan es krim terfavorit bagi warga Surabaya.

Felix Tanumulia, selaku pengelola gerai es krim ini tak sungkan berbagi tentang sejarah kedai ini. â??Karena telah berdiri sejak zaman Belanda, orang kira ini es krim asal Belanda. Padahal es krim kami adalah es krim Italia,â? ungkap Felix, seperti dilansir Kompas, Selasa (11/11/2014)

Es Krim Zangrandi berawal ketika keluarga Roberto Zangrandi, pria berkebangsaan Italia yang tinggal di Indonesia. Zangrandi dapat dikatakan sebagai kedai es krim pertama di tanah air.

Namun, saat tahun 1960, keluarga Zangrand harus kembali ke negara asalnya. Untuk itu, kedai es krim dijual dan dibeli oleh Adi Tanumulia. Felix menambahkan, tak banyak perubahan dari kedai es krim ini sejak didirikan hingga sekarang.

â??Tak banyak perubahan dari gerai ini sejak dibangunnya dahulu. Perbaikan dan renovasi sengaja tak menghilangkannya dari kesan masa lalu. Jadi kalau lihat beberapa ruangan hasil foto jaman dahulu dari kedai es krim yang dibuat oleh Kakek saya, Adi Tanumulia memang masih terlihat sama,” papar Felix

Di akhir pekan, kedai es krim ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. â??Begini lah, memang tak pernah sepi. Kebanyakan memang keluarga yang datang, tapi belakangan anak muda juga sering berlama-lama mengobrol di sini,â? lanjutnya.

Varian es krim yang dijual di sini beraneka rasa dan bentuk. â??Menu-menu nya juga tak pernah ada perubahan, hanya inovasi dan sajian es krim saja yang berubah-ubah. Es krim dari kami siap membawa Anda ke masa lalu,â? kata Felix.

Proses pembuatan es krim ini terdiri dari bahan alami misalnya buah asli dan tanpa perasa buatan. â??Selain karena home made, es krim Zangrandi menggunakan bahan-bahan alami tanpa perasa buatan misalnya saja susu sapi segar, gula pasir dan buah-buahan. Kalau rasa buah, ya kita pakai buah. Karena itu pula, warna es krim kami tak begitu mencolok,â? jelasnya.

â??Kita tidak pakai pengawet atau apa pun yang membuat es tahan lebih lama, ini menjadi ciri khas Zangrandi. Es krim datang harus cepat dihabisi,â? tukasnya.

Jika Anda datang kesini, kedai ini akan menawarkan empat menu es krim terfavorit yakni Banana Split, Tutti Fruti, Mecodonia, dan Es krim soda. â??Ada banyak menu, tapi yang favorit dari zaman dibukanya dahulu ya menu-menu ini,â? imbuhnya.

Felix menjual es krim-es krim ini seharga Rp Rp 22.000 hingga Rp 55.000. Murah kan JBers!

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak