Ini Manfaat Dengar Musik Sebelum Tidur

Kalau dulu mendengarkan musik harus lewat radio atau casette tape, sekarang ini mendengarkan musik via internet alias streaming lebih digandrungi oleh orang-orang di zaman modern, tak terkecuali orang Indonesia.

Dilansir dari Jakpat, Kamis (13/11/2014), ternyata orang Indonesia cukup familiar dengan streaming musik. Dari sekian banyak situs yang menyediakan layanan untuk streaming, cukup banyak yang dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Yang paling umum digunakan adalah YouTube (59,29%) dan Soundcloud (26,05%).

Hobi streaming musik ini telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Ada yang melakukannya di perjalanan (22,85%), ada yang mendengarkan musik untuk penyemangat dalam bekerja (14,06%), ada pula yang mendengarkan musik setiap ada kesempatan (23,18 %).

Persentase
Persentase kebiasaan streaming musik di Indonesia

Tetapi dari 1.814 responden yang mengikuti survei, ternyata sebagian besar lebih suka streaming musik sebelum tidur (27,74%). Banyak orang yang mendengarkan musik sebelum tidur untuk menenangkan pikiran, sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Dan ternyata kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur ini memang ada manfaatnya.

Pastinya kita pernah merasakan sulit memejamkan mata karena gelisah, atau banyak pikiran sehingga tidur tidak nyenyak. Menurut Lawrence Epstein, M.D. dari Sleep HealthCenters seperti ditulis Psych Central, ritual sebelum tidur seperti mendengarkan musik diperlukan untuk menghindari hal seperti ini.

Aktivitas tertentu yang dilakukan sebelum tidur, misalnya membaca, mandi air hangat, atau mendengarkan lagu berfungsi sebagai pemisah antara waktu beraktivitas dan waktu istirahat. Jadi ketika kita menjalankan ritual sebelum tidur, tubuh akan menganggapnya sebagai tanda untuk persiapan istirahat, kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk membawa pikiran dan tubuh ke tahap tidur.

Sementara itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Sleep specialist Stephanie Silberman, Ph.D menyarankan musik-musik yang menenangkan untuk didengarkan sebelum terlelap, agar istirahat kita pun jadi lebih berkualitas. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Perkenalkan Hallerbos, Hutan Berwarna Biru

STORY: Rumah Soekarno di Yogyakarta Dipenuhi Aura Mistis