Cegah Obesitas dengan Minum Kopi


Kopi dikenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk. Sebagian besar penikmat kopi berasal dari kalangan pria. Kopi kini hadir dengan berbagai macam varian dan rasa. Tapi tahukah Anda kopi ternyata memiliki manfaat lain selain penghilang kantuk?

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari meminum kopi adalah mencegah obesitas atau kegemukan. Sebuah studi paling baru dilakukan oleh University of Georgia. Penelitian tersebut menemukan zat yang terkandung di dalam kopi dapat mencegah efek buruk dari obesitas pada seseorang.

Seperti yang dilansir Science Daily (Minggu, 16/11/2014), zat asam chlorogenic (CGA) pada kopi dapat membantu mencegah menumpuknya lemak pada liver tikus yang mengalami obesitas, selain itu juga dapat menghalangi resistensi insulin.

CGA dalam kopi tak hanya mencegah efek buruk dari obesitas, tapi juga mampu peningkatan berat badan berkurang dan kesehatan liver pun tetap terjaga. CGA merupakan antioksidan yang dimiliki kopi yang bisa meredakan peradangan.

Sebagian besar masyarakat di dunia kini tengah mengalami obesitas di karenakan pola hidup yang buruk dan kurangnya olahraga. Obesitas tergolong dalam penyakit yang berbahaya, efek yang ditimbulkannya bisa menyebabkan kematian.

“Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa mengonsumsi kopi bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan penyakit jantung. Penelitian kami menggali lebih dalam dan menemukan zat apa yang menyebabkan ha tersebut. Kami menemukan bahwa hal ini dipengaruhi zat yang juga bisa ditemukan di buah dan sayuran lain seperti apel, pear, tomat, dan blueberry,” jelas Yongjie Ma, salah satu peneliti.

Tapi walaupun ditemukan sejumlah manfaat kopi dalam mencegah obesitas, peneliti tidak menyarankan seseorang untuk mengonsumsi kopi saja. Tetap juga melakukan hal lainnya yang bisa membuat organ dalam tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Pengaturan pola makan yang baik juga sangat diperlukan.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak