STORY: Andre McDonnell, Pria yang Hobi Bagikan Sepatu


Andre McDonnell menghabiskan waktu luangnya dengan membagi-bagikan sepatu gratis untuk para tunawisma. Melalui organisasi amal It’s From the Sole, pria murah hati berusia 40 tahun itu telah membagikan lebih dari 5 ribu pasang sepatu dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Andre McDonnell (kanan)
Andre McDonnell (kanan)

Ide Andre sangat sederhana. Dia mengumpulkan sepatu baru atau bekas yang masih layak pakai untuk sumbangan. Sebagaimana dilansir dari CNN, Kamis (4/12/2014), pria asal New York ini menghabiskan USD 50 (Rp 613.600) sampai USD 60 (Rp 736.320) setiap minggu untuk mencuci sepatu yang akan disumbangkannya di laundromat (tempat laundry mandiri).

Setelah sepatu-sepatu itu dibersihkan, Andre membawanya ke Grand Central Terminal dan Union Square untuk dibagikan kepada para tunawisma yang ada di sana. Setiap kali dia membagikan sepatu-sepatu itu, dia akan mengambil sebuah foto bersama dengan penerima sepatu itu, dan kemudian mengirimkan gambar tersebut melalui email ke donor. Dia juga memasang gambar itu di halaman Instagram-nya, yang kini diikuti oleh lebih dari 2 ribu orang.

Andre berfoto bersama tuna wisma yang diberi sepatu
Andre berfoto bersama tuna wisma yang diberi sepatu

Kisahnya membagi-bagikan sepatu ini dimulai tiga tahun lalu, ketika dia sedang bermain basket dengan teman-temannya. “Saat itu saya melihat seorang pria tunawisma yang tak memakai alas kaki. Jadi saya pun memutuskan untuk berhenti bermain, melepas sepatu saya dan menawarkan sepatu itu kepadanya. Dan dia membawanya dengan tersenyum,” kenangnya.

Saat Andre berjalan menjauh, dia menyadari betapa sakitnya ketika tertusuk kerikil di jalan. Kenyataan itu membuatnya ingin melakukan sesuatu yang lebih. “Saya adalah tipe orang, yang jika saya melihat seorang tunawisma dan dia mengatakan dia lapar, saya tidak akan memberinya uang, tetapi saya akan membawanya ke sebuah toko dan membelikannya makan,” tambahnya.

Andre merasa senang ketika dia melihat seorang tunawisma memakai sepatu yang dia berikan. Dia tahu bahwa mereka menghargai itu, dan sepatu itu akan sedikit mempermudah perjalanan mereka.

Seiring berjalannya waktu, Andre telah membawa gerakan ini ke kota-kota lain seperti Philadelphia dan bahkan Paris. Selain sepatu, dia juga menyumbangkan makanan, pakaian, bantal dan masih banyak lagi. Mottonya sangat sederhana: “Meski kecil tetapi bermakna.”

Anda juga bisa menyumbangkan sepatu dengan mengunjungi halaman Facebook It’s From the Sole atau website resmi mereka, itsfromthesole.org. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak