Norwegia Miliki Eskalator khusus Pesepeda Pertama di Dunia


Kabar gembira bagi Anda para pesepeda atau pegowes karena kini ada sebuah negara yang memberi perhatian khusus bagi para pengguna sepeda. Norwegia merupakan negara pertama dan satu-satunya yang menyediakan fasilitas eskalator khusus pesepeda.

Dikutip dari Atlas Obscura (Minggu. 7/12/2014), eskalator tersebut ditempatkan di salah satu jalan yang ad di bukit Brubakken. Bukit ini terkenal memiliki jalanan yang menanjak dan membuat lelah para pengguna sepeda dan pejalan kaki. Eskalator unik ini bernama CycloCable.

CycloCable in berukuran kecil dan hanya muat untuk menopang satu kaki penggunanya saja. Cara menggunakannya cukup mudah para pesepeda tinggal menjejakkan kakinya pada alas kaki yang terdapat pada CycloCable. Kemudian hanya dengan menekan satu tombol maka pedal eskalator akan bergerak perlahan ke atas menyusuri jalanan menanjak. Pesepeda yang “menaiki” eskalator ini tak perlu bersusah payah menggowes sepedanya di jalanan menanjak.

Sebenarnya hal eskalator ini bukanlah hal baru. Eskalator ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1993. Hal ini diciptakan oleh seorang yang pesepeda yang bosan selalu berkeringat dan kelelahan ketika sampai di kantor. Kemudian tercetuslah ide untuk membuat benda yang membantu para pesepeda.

Benda ini kemudian secara resmi dipasang pada tahun 2012 dengan nama CycleCable. CycloCable adalah penyempurnaan yang lebih canggih dan baru dari versi sebelumnya dan baru dipasang pada 2013.

Namun dalam pengaplikasiannya, tak hanya pesepeda saja yang memnfaatkan fasilitas publik ini. Para pejalan kaki, pemain skuter dan skater juga menggunakannya untuk menempuh perjalanan menanjak di Brubakken. Tapi untuk bisa menggunakan fasilitas ini, Anda harus bersabar dan  mengantri karena eskaltor ini hanya bisa digunakan oleh satu orang setiap menanjak. Hal yang menarik yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak