VIDEO: Bus Ini Gunakan Tenaga Tinja


Kini sedang marak para produsen mobil mengeluarkan mobil yang ramah lingkungan. Meski demikian, ternyata mobil-mobil tersebut masih kurang ramah lingkungan dibandingkan dengan bus yang satu ini.

Bagaimana tidak, bus tersebut tak lagi menggunakan bahan bakar fosil maupun sumber tenaga alternatif yang lazim seperti lainnya, melainkan bus itu bergerak memanfaatkan tenaga daur ulang dari kotoran manusia alias tinja.

‘Bio-bus’ ramah lingkungan tersebut beroperasi memanfaatkan gas biomethane yang bisa dihasilkan dari proses pengolahan khusus sampah makanan dan kotoran manusia dengan biotechnology hasil ciptaan GENeco yang berpotensi menghasilkan masa depan yang lebih bersih dan cemerlang.

Dilansir dari Theatlantic, Sabtu (20/12/2014), selain bisa menghemat bahan bakar fosil, ‘Bio-Bus’ juga diklaim dapat memperbaiki kualitas udara berkat emisi gasnya yang jauh lebih rendah dan tak berbau dibandingkan bahan bakar lainnya.

Total limbah dari 5 orang dewasa selama setahun diperlukan untuk mengisi penuh tangki bahan bakar bus yang kini resmi beroperasi di Inggris, tepatnya di wilayah Bristol. Dalam keadaan tangki penuh, bus tersebut dapat menempuh jarak hingga 300 km.

Hingga saat ini sudah ada 40 unit bus bertenaga tinja yang dijalankan oleh perusahaan Bath bus dengan wilayah operasi antara Bath dan bandara Bristol. Uniknya, menurut GM GENeco Mohammed Siddiq, bus tersebut ditenagai sendiri oleh mereka yang tinggal di wilayah tersebut.

Sementara itu di Indonesia sendiri masih sedikit bus yang menggunakan BBG atau bahan bakar gas. Bagaimana jika konsep bus dengan tenaga tinja itu diterapkan di Indonesia? Mungkin saja pencemaran udara akan jauh berkurang, dan bisa jadi sumber tenaganya tak akan pernah habis, karena buang air besar merupakan kebutuhan setiap manusia yang ada di muka bumi ini.

Kamu bisa lihat busnya pada video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak