5 Film yang Dibuat Hanya dengan Sekali Take


Mungkin kamu pernah mendengar kata ‘cut’ saat proses syuting. Hal itu dilakukan oleh sang sutradara untuk memberhentikan adegan satu dengan adegan lainnya. Itu artinya kebanyakan film menggunakan take lebih dari sekali. Namun ternyata ada juga film yang hanya menggunakan sekali take alias tanpa cut. Berikut kelima filmnya seperti dilansir dari Provoke-onlinecom, Kamis (25/12/2014).

1. Russian Ark (2002)

Poster film Russian Ark
Poster film Russian Ark

Film drama sejarah yang dibuat di Istana Musim Dingin Museum Hermitag, Rusia dan disutradarai oleh Alexander Sokurov ini bercerita tentang seorang narator tanpa nama yang menjelajahi istana. Narator mengaku bahwa ia meninggal akibat kecelakaan mengerikan dan menjadi roh yang menggentayangi 33 ruangan di museum ini. Museum ini diisi oleh 2 ribu aktor dan 3 orkestra. Jadi kamu hanya akan melihat isi museum ini selama 96 menit tanpa putus.

2. Time Code (2000)

Poster film Time Code
Poster film Time Code

Film eksperimental arahan Mike Figgis ini disebut-sebut sebagai film dengan terobosan baru yang berani melawan pakem dalam pembuatan film yang selama ini kita tahu. Mulai dari segi produksinya sampe penayangannya. Jadi film ini dibuat dalam satu hari penuh dengan 4 kamera yang diambil secara realtime (alias tanpa edit) yang mengambil 4 karakter yang berbeda secara bersamaan. Saat menonton film ini, kamu akan merasa kalau kamu sedang melihat CCTV. Karena selama 93 menit durasi film ini layarnya bakal dibagi jadi 4 bagian, dan semuanya memutar adegan dari 4 karakter tersebut secara bersamaan. Nantinya, ke empat karakter itu bakal ketemu di akhir film.

3. La Casa Muda (2010)

Poster film La Casa Muda
Poster film La Casa Muda

Film horor ini bercerita tentang Laura (Florencia Colucci) dan ayahnya, Wilson (Gustavo Alonso) yang baru aja tiba di sebuah rumah milik kerabatnya yang letaknya di pedalaman Uruguay. Mereka bermaksud untuk membersihkan rumah tersebut sebelum dijual. Namun larangan pemilik rumah untuk tak menginjakkan kaki ke lantai dua dilanggar oleh Laura, dan kemudian mengakibatkan kematian ayahnya. Film ini hanya diperankan oleh 3 pemain dengan pengambilan gambar selama 4 hari tanpa special effect, di-shoot secara realtime, tanpa cut, tanpa edit dengan hanya satu kamera handheld yang gerak dinamis mengikuti Laura menelusuri tiap sudut rumah sepanjang 79 menit film.

4. PVC-1 (2007)

Poster film PVC-1
Poster film PVC-1

Film asal Kolombia ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Bercerita tentang sekelompok perampok yang menyekap dan meneror sebuah keluarga kecil di pedalaman Kolombia dengan memasang pipa bom di leher sang istri, dimana bom itu sewaktu-waktu bisa meledak. Sepanjang 81 menit kita disuguhi ketegangan tanpa putus mengenai keluarga ini yang harus berpacu dengan waktu untuk bisa bertemu dengan tim gegana yang letaknya sangat dari tempat tinggal mereka.

5. Broken (2014)

[youtube=https://www.youtube.com/watch?v=IoemfBu2xt4#t=15]

Untuk film yang satu ini sebenarnya merupakan film pendek yang dibuat untuk mengikuti 24 Hour Film Competition. Disutradarai oleh Derek Mindler. Mengenai ceritanya bisa kamu tonton sendiri di video atas, karena film ini hanya berdurasi sekitar 3 menit. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak