VIDEO: Indonesia Punya Bola Bekel, Jepang Punya Kendama


Tak hanya Indonesia yang memiliki permainan tradisional, namun negara lain juga punya. Salah satunya Jepang, yang memiliki permainan bernama Kendama. Apa itu Kendama?

Kendama adalah permainan tradisional yang berasal dari Jepang. Mainan ini terdiri dari tongkat yg memiliki 3 buah mangkuk berbeda ukuran yang disebut “Ken” (yang dalam bahasa Jepang berarti pedang) dan bola yang memiliki lubang yang disebut dengan “Tama”, Kedua benda ini disambungkan dengan sebuah tali dan memungkinkan kita untuk melakukan trik-trik yang luar biasa dan kadang diluar imajinasi kita sendiri.

Trik Kendama pada dasarnya terdiri dari menangkap bola di cekungan dan spike/point, namun buat yang sudah profesional Kendama-nya bisa dimainkan untuk menciptakan trik yang lebih sulit lagi.

Salah satu contoh pemain Kendama yang sudah pro adalah Zoomadanke. Grup yang terdiri dari dua orang Jepang bernama Kodaman (Kodama) dan Easy (Iijima) ini berdiri sejak tahun 2010. Motto mereka adalah “change the image of Kendama “, atau “mengubah citra Kendama” dalam artian positif. Mereka menggabungkan musik dan tarian, yang emang benar-benar menarik untuk dilihat.

Mereka telah tampil di berbagai macam acara, dari pensi di sekolah-sekolah lokal hingga perform secara internasional. Kabarnya mereka juga punya semacam “school” untuk melatih peminat Kendama.

Mereka berdua sebenarnya hanya pemuda biasa, yang memutuskan bahwa mereka begitu menikmati Kendama sehingga mereka memilihnya sebagai karir. “Tadinya cuma buat seneng-seneng aja,” kata Kodama (34) seperti dilansir dari Kaskus, Jumat (26/12/2014). “Citra Kendama nggak begitu keren, dan orang-orang kebanyakan memandang rendah sebagai mainan yang membosankan. Saya pikir kalau kita bisa mengubah citra itu, orang-orang akan melihat betapa hebatnya Kendama,” lanjutnya.

Keduanya bertemu di sebuah pameran mainan, di mana Iijima memperkenalkan Kodama ke Kendama. Iijima , seorang mahasiswa, dan Kodama, mantan pekerja kantoran, memiliki satu kesamaan, yaitu cinta mereka pada mainan. “Saya pikir Kendama telah dan akan terus berkembang,” kata Iijima (23). “Hal yang menakjubkan tentang hal ini adalah potensi yang dimilikinya untuk membawa orang-orang dari berbagai latar belakang untuk berkolaborasi dan menciptakan sesuatu yang baru,” tambahnya.

Penasaran dengan aksi Zoomadanke ini memainkan Kendamanya? Kamu bisa lihat videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak