VIDEO: Jalan Terindah Sekaligus Berbahaya di Dunia


Pada umumnya setiap orang ingin berkendara di jalanan yang tidak terlalu ekstrim dan berbahaya, namun kebanyakan warga di Norwegia ini menikmati liburan mereka justru di tempat yang bisa menimbulkan bahaya.

Banyak jajaran jalan di dunia yang mendapat predikat sebagai jalan kematian atau jalan paling berbahaya seperti di Nepal, Bolivia dan di Norwegia. Namun saat ini salah satu jalan dengan panjang sekitar 8,3 km di Norwegia merangkap julukan sebagai jalan paling berbahaya sekaligus terindah.

Nama jalan yang mendapat dua julukan yang terdengar saling berkebalikan tersebut adalah Atlantic Ocean Road. Dibuka sejak bulan Juli tahun 1989 silam, hingga kini jalan yang seakan menerobos lautan ini masih kokoh berdiri. Dilansir dari The Guardian, Minggu (28/12/2014), kontur atau bentuk jalan yang didominasi kelokan datar namun sesekali tanjakan dengan pemandangan laut ini membuatnya mendapat predikat salah satu jalan terindah.

Sementara itu predikat jalan paling berbahaya muncul lantaran posisi jalan yang membentang di tengah-tengah perairan laut yang sarat dengan tiupan angin kencang, hantaman air ombak yang kuat dan beberapa kontur jalan yang menanjak dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

Jalan ini dibangun di beberapa pulau kecil yang dihubungkan oleh dermaga, viaduk (sebuah jembatan yang terdiri dari kolom/tiang yang berjarak pendek) dan delapan jembatan

Atlantic Ocean Road yang menghubungkan Molde dan Kristiansund ini dinyatakan sebagai rute terbaik di dunia dan merupakan situs populer untuk iklan otomotif. Jalan ini awalnya dibuat sebagai jalur kereta api, dan proyek itu dimulai pada awal abad ke-20. Sayangnya proyek tersebut terbengkalai, sehingga diputuskan kalau jalan kereta api itu akan digunakan sebagai jalan raya yang bisa dilalui mobil. Pembangunan jalan dimulai pada tanggal 1 Agustus 1983 dan baru dibuka enam tahun kemudian, yaitu pada tanggal 7 Juli 1989.

Seperti apa suasana di jalanan ini? Kamu bisa lihat videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak