VIDEO: Mengenal Motion Capture, Teknik Pembuatan Film Animasi


Motion capture dan komputer adalah dua hal penting dalam dunia perfilman Hollywood. Film seperti “Avatar”, “Planet of the Apes”, atau “Harry Potter” mungkin tidak akan terlihat nyata tanpa kehadiran dua hal tersebut. Dalam dunia perfilman modern, teknik mengubah gerakan nyata menjadi animasi ini sangat diminati bagi perusahaan besar karena mereka dapat merigging (membuat gerakan karakter) lebih realistis dalam tempo yang cepat, sekalipun biayanya tidak dapat dikatakan murah. Bagaimana teknik motion capture ini dilakukan?

Sebelumnya mari kita bahas dulu sekilas mengenai motion capture. Motion capture alias MoCap adalah teknik yang digunakan para pembuat film untuk mengubah gerakan nyata yang dilakukan oleh sebuah objek maupun manusia ke dalam kode digital sehingga kelak dapat dipakai untuk rigging animasi. Teknik ini juga kini sering digunakan dalam membuat video game.

Motion capture dengan komputer ini sudah dikenal sejak abad 20, namun saat itu masih belum sempurna. Baru kemudian kurang lebih pada abad ke-21, teknik ini disempurnakan dan langsung booming di kalangan pembuat film dan game dengan budget tinggi, karena dapat membuat animasi terlihat lebih realistis dan lebih aktif ketimbang merigging secara manual. Para animator mungkin tahu ketika merigging manual waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar, dan butuh ketelatenan untuk menciptakan animasi yang lebih realistis. Kini kunci untuk mendapatkan gerakan realistis sudah dimudahkan dengan penggabungan yang lebih lanjut antara seni perfilman, dengan dunia digital komputer.

Dilansir dari Siggraph, Jumat (2/1/2015), MoCap ini sudah mengalami perjalanan panjang, yaitu dari tahun 1980 hingga kini. Tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa menemukan alat serta teknik MoCap ini hingga bisa menjadi sekarang ini.

Cara kerja dari MoCap itu sendiri menggunakan beberapa kamera. Biasanya kalau dalam film, kameranya dipakai hanya yang dibutuhkan saja dalam adegan. Namun kalau di video game, kameranya dipakai nyaris di setiap sudut, sehingga ketika kita bermain dapat melihat karakter dari setiap sudutnya.

Dalam MoCap ini kita menggunakan kamera khusus yang hanya menangkap cahaya dan dapat memancarkan cahaya infrared atau kalau tidak bisa juga cahaya infrared berasal dari retroreflective tersebut. Setelah itu, kamera menangkap seluruh gerakan dari masing-masing retroreflective. Praktek pertama menggunakan sebuah tongkat yang diputar-putar 360 derajat beberapa kali, sehingga nanti software yang digunakan dapat mengetahui letak dari masing-masing kamera yang digunakan, dan hal itu menambah keakuratan ketika mengambil gerakan dari retroreflective.

Tentunya setelah MoCap masih ada lagi proses yang dijalankan untuk bisa membuat karakter atau tokoh animasi yang enak dipandang mata, yaitu pemodelan karakter, texturing, penambahan hair and fur, detail, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat video proses MoCap untuk pembuatan game “Watch Dogs” di atas. Pembuatan film dengan menggunakan MoCap juga prosesnya tidak beda jauh dengan pembuatan game. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak