VIDEO: Begini Suasana Pesawat Saat Melewati Awan Cumulonimbus


Bagi kamu yang sering naik pesawat, mungkin sering mendengar peringatan dari kapten pesawat kalau pesawat akan mengalami guncangan akibat cuaca yang kurang bersahabat. Tidak lama setelah kapten memberikan pengumuman, pesawat mengalami goncangan yang cukup keras dan saat-saat tersebut pesawat yang kita tumpangi sedang memasuki kumpulan awan tebal, dan beberapa diantaranya disebut awan Cumulonimbus atau awan CB.

Direktur Utama AirNav Bambang Tjahjono bahkan menyebut awan jenis itu adalah musuh bersama dunia penerbangan. “Kalau yang namanya CB itu harus dihindari, jangan terbang ke (dalam) situ karena awan CB itu adalah musuh bersama penerbangan,” kata Bambang di kantor Otoritas Bandara, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, seperti dilansir dari Kompascom, Minggu (4/1/2015).

Bambang menuturkan, apabila ada pesawat yang nekat masuk ke gumpalan awan kumulonimbus, pesawat akan mengalami turbulensi hebat. “Itu pasti kebanting ke atas ke bawah,” katanya.

Akibatnya sudah jelas terlihat pada pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh saat melewati awan CB tersebut. Hal itu membuktikan kalau awan CB memang merupakan ancaman terbesar bagi transportasi udara.

Dampak terburuk yang bisa ditimbulkan karena berada di dalam awan CB antara lain adalah turbulensi. Turbulensi yang besar bisa merusak struktur pesawat. �Bahkan, jika guncangannya sangat besar, pesawat bisa patah,� kata konsultan penerbangan Gerry Soejatman. Dampak lainnya adalah awan CB bisa merusak pesawat. Ahli propulsi pesawat Program Studi Aeronautika dan Astronautika ITB Firman Hartono mengatakan, turbulensi bisa menyebabkan kompresor pada mesin pesawat mengalami gangguan aliran udara. Pada kondisi normal, udara yang masuk mesin seharusnya bergerak lurus. Namun, akibat turbulensi, gerakan udara menjadi tidak teratur sehingga proses pembakaran di mesin tidak sempurna, dan bisa menyebabkan mesin pesawat mati.

Yang lebih bahaya lagi, awan CB bisa mengacaukan sistem kelistrikan pesawat sehingga mengacaukan sistem komunikasi dan navigasi pesawat.

Jika kamu ingin tahu bagaimana suasana pesawat saat sedang melewati awan CB, kamu bisa lihat video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak