5 Film Bertema Bencana Alam Terbaik


Negeri kita memang sedang dalam kondisi darurat bencana. Belum kering dampak banjir, gunung meletus. Belum usai mengatasi dampak gunung meletus, satu gunung lain meletus pula. Pemerintah, baik pusat maupun daerah, tampak tak siap mengatasi bencana yang datang berurutan dalam waktu berdekatan.Salah satu cara “mengakrabkan” diri tersebut mungkin dengan jalan memasyarakatkan film-film bertema bencana. Tapi sayang, film berjenis ini rasanya paling jarang dibuat sineas kita. Namun berbanding terbalik dengan Hollywood, mereka justru banyak memproduksi film bertema bencana alam. Berikut adalah 5 film bertema bencana alam terbaik seperti dilansir dari Tabloidbintangcom, Minggu (11/1/2015).

1. 2012

2012
2012

Tahun 2012 yang sudah lewat sempat “dipromosikan” sebagai jatuhnya hari kiamat. Semua lantaran kalender suku Inca yang hanya menaruh tanggalan sampai tahun 2012 menurut ukuran kalender modern kita. Karena itu Hollywood kemudian membuat film mengenai kiamat yang disebut-sebut akan terjadi tahun 2012. Film ini menurut sutradaranya Roland Emmerich merupakan ‘ultimate disaster movie’ atau ‘film induk dari segala bencana’. Pasalnya dalam film ini dimasukkan segala bencana alam yang bisa terjadi, seperti tsunami, gunung meletus, gempa bumi, angin ribut, atau bencana lainnya.

2. The Day After Tomorrow

The Day After Tomorrow
The Day After Tomorrow

Dalam film ini, kita bisa melihat kota Los Angeles dihantam angin puting beliung sampai landmark tulisan “HOLLYWOOD” hancur, New York diterjang air bah dan kemudian kita melihat patung Liberty diselimuti salju. Film ini menyuguhkan perubahan cuaca ekstrem dalam waktu singkat. Dalam hitungan hari Bumi kembali ke zaman es. Yang membuat film ini cukup istimewa adalah efek spesialnya, sehingga membuat bencananya tampak nyata.

3. Deep Impact

Deep Impact
Deep Impact

Meskipun ada film bertema sama mengenai benda angkasa menabrak bumi berjudul “Armageddon”, namun “Deep Impact” lebih bisa diterima akal sehat. Film ini menyajikan kesibukan setiap orang mulai dari presiden AS (diperankan oleh Morgan Freeman) hingga orang biasa menghadapi ancaman komet. Sayangnya film ini harus berakhir dengan komet menghantam lautan dan menciptakan gelombang ombak raksasa.

4. The Impossible

The Impossible
The Impossible

Film ini mengisahkan tentang bencana tsunami di lautan Hindia pada tahun 2004, yang di antaranya menerjang Aceh dan Thailand. Keunggulan film ini terutama harus diberikan pada akting prima Naomi Watts sebagai ibu yang mencari keluarganya setelah tsunami memporak-poranda semuanya. Watts bermain penuh penjiwaan di sini.

5. Melancholia

Melancholia
Melancholia

Film ini tak berniat menyuguhkan alasan penuh penjelasan ilmiah bagaimana bisa sebuah planet memasuki orbit Bumi dan kemudian hendak menabrak Bumi. Film ini juga tak berniat menyuguhkan bagaimana berbagai orang dari latar belakang berbeda menghadapi bencana. Yang disuguhkan oleh film ini adalah sebuah pesta pernikahan di saat Bumi kian dekat ditabrak planet lain, dan memperlihatkan bagaimana depresinya orang yang menikah sebelum kiamat datang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak