Uniknya Alquran yang Terbuat dari Tanaman Herbal


Orang yang beragama Islam atau Muslim tentunya sudah tahu kalau Alquran adalah kitab suci agama Islam. Alquran biasanya terbuat dari kertas layaknya buku biasa. Namun ada satu Alquran yang terbilang unik, yaitu Alquran yang terbuat dari tanaman obat atau herbal.

Satu-satunya Alquran buatan tangan di dunia yang terbuat dari tanaman obat atau herbal tersebut telah dipamerkan di Dubai oleh Heddem Arts, kolektor seni Islam dan kaligrafi langka. Alquran unik itu dibuat dari 200 jenis herbal yang memiliki khasiat tinggi.

Alquran ini dibuat oleh ahli pengobatan unani (sistem pengobatan Arab tradisional) asal Turki, dokter Hamdi Taher (1897-2003) selama 23 tahun (1957-1979). Setiap bagian dari Alquran ini, mulai dari huruf, judul surat, hiasan pinggiran halaman hingga lembaran kertas yang digunakan berasal dari sari tanaman obat.

Heddem Arts mengklaim, Alquran Herbal ini telah mendapat sertifikat keaslian dari Kementerian Agama Dubai.

Dikatakan setiap lembar ayat Alquran ini memiliki banyak sifat terapeutik. Contohnya, ketika pembaca Alquran ini menggerakkan jari pada surat atau dalam dan di sekitar halaman, campuran herbal yang dikandungnya akan merembes melalui pori-pori di jari, dan memberikan manfaat kesehatan.

Alquran Herbal ini terdiri dari 606 halaman dan beratnya sekitar 7,5 kilogram. Campuran herbal yang digunakan untuk membuat Alquran diekstrak secara langsung dari biji, buah-buahan, daun, batang, kulit dan akar.

Abdul Azeaz Bin Hassan Moulavi Malabari, penasihat agama Islam di Heddem Arts, dilansir dari Arabianbusiness, Senin (19/1/2015), mengatakan, “Kami merasa terhormat menerima tugas mulia ini dari mendiang Hakim Hamdi Taher yang mengabdikan hidupnya untuk menciptakan Alquran Herbal unik ini.”

Disebutkan Malabari, Alquran Herbal itu dibuat dengan kesabaran selama bertahun-tahun. Setiap kata dan desain di Alquran ini dibuat tanpa menggunakan teknologi cetak, alat atau mesin. “Kami menghubungi 1.714 museum di 80 negara untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang membuat Alquran yang unik seperti ini,” kata dia.

“Ini adalah benar-benar salah satu dari jenisnya yang unik. Kami telah menerima penawaran dari beberapa pembeli tetapi kami akan melepasnya kepada pembeli yang benar-benar menghargai nilai-nilai Islam.” (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak