Review: Film ‘Assalamualaikum Beijing’


Akhir tahun 2014 lalu, rumah produksi Maxima Pictures meluncurkan film bertema romantis religi. Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, film ini berpusat pada hidup seorang wanita muslim di negeri orang dan menceritakan tentang perjuangannya baik dalam cinta maupun kedekatannya dengan Allah.

Sinopsis Film â??Assalamualaikum Beijingâ??

Film yang diadaptasi dari novel karya Asma Nadia berjudul serupa ini menceritakan tentang seorang gadis berjilbab bernama Asmara atau biasa dipanggil Asma (Revalina S. Temat) yang sedang mengalami patah hati. Derita ini berawal dari kisah cintanya dengan mantan kekasihnya, Dewa (Ibnu Jamil) yang berakhir menyedihkan: batalnya pernikahan mereka. Dewa ketahuan berselingkuh dengan teman kantornya sempat memohon agar Asma tetap mau menikah dengannya, namun sakit hati yang sudah dirasakan Asma membuatnya tetap mengurungkan niat menikah dengan pria itu. Apalagi, Dewa telah membuat selingkuhannya hamil.

Dalam duka yang dialaminya itu Asma tetap berusaha menjalani hidupnya. Dalam rangka membantunya mengobati patah hati, sahabatnya Sekar (Laudia C. Bella) dan suaminya Ridwan (Deddy Mahendra Desta) membantu Asma yang berprofesi sebagai jurnalis untuk mendapatkan tawaran bekerja di Beijing sebagai penulis kolom yang khusus mengulas negeri itu. Sekar memiliki harapan dengan berangkatnya Asma ke negeri tirai bambu gadis itu bisa melupakan kisah asmaranya yang cukup tragis.

Sesampainya di Beijing, dalam suatu perjalanan yang dilakukan Asma dia bertemu seorang pemuda bernama Zhongwen (Morgan Oey). Merekapun berkenalan. Zhongwen yang kagum pada legenda yang mengisahkan kisah cinta putri Yunan, Ashima, memanggil Asma dengan nama sang putri Yunan itu. Tak hanya memberi nama panggilan khusus, Zhongwen pun pelan-pelan mulai mendekati Asma yang pelan-pelan mencoba membuka hatinya untuk cinta yang baru. Zhongwen yang baik dan perhatian mulai mendapat tempat khusus di hati Asma.

Namun, kisah cinta mereka tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa kendala yang harus mereka lalui. Salah satunya adalah Dewa yang hadir kembali di hidup Asma. Walaupun telah menyakiti hati Asma, dia tetap nekat pergi ke Beijing untuk kembali merebut hati Asma. Tak hanya itu saja, ternyata Asma terserang APS, sebuah sindrom yang mengancam nyawanya dan membuatnya diintai kematian setiap waktu.

Detail film ‘Assalamualaikum Beijing’

Sutradara : Guntur Soeharjanto
Produser : Yoen K, Ody Mulya
Pemain : Revalina S. Temat, Morgan Oey, Laudya C. Bella, Ibnu Jamil, Deddy Mahendra Desta
Genre : Drama, Reliji
Durasi : 90 menit
Tanggal Rilis Perdana : 30 Desember 2014
Rumah Produksi : Maxima Pictures

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak