Kota Berusia 5000 Tahun Ditemukan


(sumber: istimewa)

Peradaban lampau sepertinya memang menyimpan banyak sekali hal-hal yang cukup mengejutkan serta dapat membuat kagum kita sebagai masyarakat modern. Salah satunya adalah ditemukannya kota bawah tanah yang berumur 5.000 tahun oleh sekelompok tim arkeolog di Turki, tepatnya di Provinsi Nevsehir, wilayah Anatolian Tengah. Wilayah ini sebelumnya memang sudah diketahui sebagai situs bersejarah dengan formasi bebatuan Fairy Chimney.

Penemuan kota bawah tanah itu sendiri sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan. Mulanya, develepor yang hendak membangun sebuah gedung di area itu menemukan jaringan lorong bawah tanah saat sedang melakukan penggalian. Peristiwa yang tak disengaja ini membuat pihak developer urung melanjutkan pembangunan gedung di kawasan tersebut.

â??Ini kota bawah tanah yang identitasnya belum diketahui. Lorong sepanjang 7 kilometer kini tengah menjadi pembahasan,â? ujar Kepala Administrasi Pembangunan Perumahan Turki, Mehmet Ergun Turan seperti yang dilansir dari dream.co.id.

Walikota Nevsehir, Hasan Unver menerangkan bahwa penemuan situs bersejarah di provinsi tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Nevsehir yang tampaknya merupakan salah satu pusat kebudayaan masa lampau memiliki situs-situs kuno yang sudah berhasil dilacak keberadaannya sejak pertama kali proyek pembangunan transformasi kota dilakukan.

Selain itu, kota bawah tanah berusia 5.000 tahun ini juga bukan kota bawah tanah terbesar yang keberadaannya berhasil diketahui. Sebelumnya, sudah ditemukan juga kota bawah tanah seluas 45 hektar dari total 75 hektar proyek transformasi kota yang dimulainya telah dari tahun 2012 silam ini. Penemuan pertama sendiri diketemukan pada tahun 2013.

â??Kami sudah mengambil 44 benda bersejarah dalam rangka pelestarian. Kota bawah tanah ditemukan ketika kami memulai penghancuran sesuai dengan protokol,â? ungkap Hasan lagi. (alo)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
91
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak