Ditemukan Tomat Terbesar di Dunia


Tomat terbesar di dunia muncul di Inggris. Tomat yang diberi nama Gigantomo ini dapat tumbuh hingga berbobot 1,3 kg dengan diameter 48 cm, atau 12 kali lebih besar dari ukuran tomat standar, sehingga tomat ini diklaim sebagai tomat terbesar di dunia.

Saking besarnya, tomat Gigantomo dapat disajikan untuk porsi makan empat orang. Satu irisan saja dapat mengisi penuh satu hamburger atau sandwich.

Seperti dikutip Mirror.co.uk, Rabu (28/1/2015), sebanyak 11 buah Gigantomo dapat tumbuh dari satu tanaman. Namun tanaman ini perlu diberi semacam penahan, agar tidak terseret oleh bobot buahnya.

Varietas baru ini adalah hasil dari hampir dua dekade penelitian dan pengembangan oleh peternak di Inggris dan Amerika Serikat.

Simon Crawford, petani tomat Gigantomo di Lincolnshire, Inggris, menjelaskan kalau tomat Gigantomo dijual dalam bentuk bibit dalam polybag yang akan tumbuh dalam waktu singkat. Sepaket bibit Gigantomo berisi lima buah bibit dijual seharga 14.99 Poundsterling atau sekitar Rp 280 ribu.

Simon juga menjanjikan hadiah sebesar 5 ribu Poundsterling atau setara Rp 95,5 juta bagi para pembeli yang mampu menumbuhkan tomat Gigantomo dan mengalahkan rekornya.

â??Meski tomat jenis ini belum terlalu populer di Eropa, tapi saya yakin peminatnya akan banyak. Semua orang akan senang menumbuhkan tomat raksasa yang memiliki rasa yang enak di kebunnya,â? jelas Simon.

Simon Crawford merupakan salah satu plant breeder ternama di Inggris, dan dirinya telah selama 5 tahun melanjutkan kerja Paul Thomas asal Amerika dalam membesarkan Gigantomo. Paul meninggal setelah menghabiskan waktu 15 tahun mengembangbiakkan tomat besar ini.

Tahun lalu, tomat besar ini diluncurkan di Amerika Serikat oleh perusahaan bibit Burpee dan dijual atas nama SteakHouse. Eropa pun tertarik menjualnya setelah melihat kesuksesan tomat ini. Namun nama SteakHouse tidak dapat diterima oleh Uni Eropa, sehingga namanya diubah jadi Gigantomo.

Saat ini Gigantomo hanya bisa dibeli dari Van Meuwen, penjual bibit di Lincolnshire, Inggris. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak