VIDEO: Keren, Ada Paspor yang Nyala Dalam Gelap


Paspor adalah sebuah benda berupa buku kecil, namun cukup penting jika ingin bepergian ke luar negeri. Tanpa adanya paspor, maka kamu tidak bisa bepergian ke luar negeri. Meskipun berbentuk buku kecil, namun isi dari paspor berbeda-beda tiap negaranya. Salah satu yang cukup unik adalah paspor dari Kanada.

Paspor Kanada ini tampaknya akan membuat kita merasa iri. Pasalnya, paspor tersebut memiliki “rahasia” yang menawan yaitu memiliki gambar yang menyala dalam gelap di setiap lembarannya. Baru-baru ini paspor Kanada menjadi perbincangan panas netter di forum Reddit yang menyebutnya sebagai paspor terindah di dunia. Jika dilihat biasa maka lembarannya akan tampak seperti layaknya kertas biasa dengan gambar membosankan. Namun lain cerita saat lembaran itu diberi cahaya pemindai.

Dilansir dari Bored Panda, Rabu (28/1/2015), paspor super unik ini dirilis pada tahun 2013 lalu. Dimana, bukan hanya sekedar buku biasa namun paspor ini juga dilengkapi dengan permainan warna sinar UV. Di dalam paspor ini kamu akan melihat gambar air terjun Niagara atau gambar pahlawan-pahlawan Kanada dengan warna yang beragam. Desain kreatif ini juga dipakai untuk membantu petugas mengidentifikasi keaslian paspor Kanada yang diperbarui pertengahan 2013 lalu.

“Desain artistik berbentuk tinta UV ini melengkapi desain visual untuk mengamankan lembaran visa dari pemalsuan,” ucap Nancy Caron dari Keimigrasian Kanada. “Desain UV ini memiliki fitur keamanan yang digunakan Kanada bersama perbatasan dan penegak hukum internasional dalam memastikan keaslian paspor elektronik ini.”

Nancy menambahkan bahwa Kanada satu-satunya negara yang menggunakan 4 warna menyala dalam gelap yang dicetak dalam paspor saat itu dirilis. Sedangkan akhir tahun lalu Norwegia menyusul menggunakan teknik serupa namun dengan desain lebih simpel.

Meski begitu masih ada negara lainnya yang juga memiliki paspor dengan desain tak kalah kreatif. Misalnya, Finlandia yang menerbitkan paspor berbentuk flipbook dengan gambar rusa jantan yang seolah-seolah berjalan jika halamannya dibuka cepat, layaknya teknik dasar film animasi. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah nantinya juga akan mengikuti jejak Kanada?

Kamu bisa lihat videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak