Asal Mula Selfie


(sumber: istimewa)

Saat ini, hampir semua orang gemar memotret diri sendiri. Foto diri yang dijepret sendiri ini kini lebih dikenal dengan sebutan selfie. Di aplikasi-aplikasi maupun situs yang bersifat photo sharing, selfie dapat dengan mudah ditemukan, baik selfie pria maupun wanita berbagai usia. Nah, di bawah ini adalah fakta-fakta yang berkaitan dengan asal mula selfie yang dirangkum dari nationalgeographic.co.id.

1. Foto selfie pertama kali dilakukan tahun 1839

Selfie pertama di dunia
Selfie pertama di dunia

Foto selfi ternyata sudah dilakukan beratus tahun yang lalu pada tahun 1839 oleh seorang fotografer amatir bernama Robert Cornelius. Pria yang berasal dari Philadelphia ini mengambil foto dirinya sendiri di toko milik keluarganya. Selfienya ini tentu berbeda dengan selfie yang saat ini biasa dilakukan dengan kamera handphone. Robert Cornelius mengambil foto dirinya ini dengan cara melepas tutup kamera kemudian berlari secepat mungkin ke depan kamera agar wajahnya bisa tertangkap kamera. Di balik foto ini, Robert menulis â??The first light Picture ever taken. 1839.â?

2. Istilah ‘Selfie’ Pertama Kali Diperkenalkan Tahun 2002

Selfie
Selfie

Menurut Wikipedia, munculnya istilah ‘selfie’ sendiri pertama kali terjadi di tahun 2002, di sebuah forum internet Australia, ABConline. Tanggal 13 september 2002, seseorang yang bernama Nathan Hope menuliskan istilah ‘selfie’ di komennya di situs tersebut. Kemudian, salah satu situs photo sharing paling populer, Flickr, pun turut memperkenalkan istilah ini tahun 2004, namun ternyata butuh waktu hampir satu dasawarsa untuk membuat istilah ini dikenal oleh masyarakat luas.

3. Kata ‘Selfie’ Telah Resmi Masuk Ke Kamus Oxford

Selfie resmi masuk Oxford Dictionary
Selfie resmi masuk Oxford Dictionary

Pada bulan agustus 2013, kata ‘selfie’ sudah menjadi kata yang resmi menjadi bagian Oxford English Dictionary. Di kamus ini, ‘selfie’ memiliki definisi “a photograph that one has taken of oneself, typically one taken with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website” atau berarti “foto seseorang yang diambil oleh orang itu sendiri, biasanya diambil dengan menggunakan smartphone atau webcam dan diunggah ke situ media social”. Fenomena istilah ini juga membuat selfie mendapat predikat ‘Word of the Year’ tahun 2013.

4. Tak Hanya Selfie, Ada Juga Istilah Selca

Istilah 'selca' dipopulerkan oleh seleb Korea
Istilah ‘selca’ dipopulerkan oleh seleb Korea

Selain selfie, ternyata ada juga istilah lain yang dikenal untuk menyebut foto narsis ini, yaitu selca yang merupakan singkatan dari self camera. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh selebritis Korea yang dikenal memang sering melakukan foto diri ini.

5. Oscar Selfie, Selfie Paling Fenomenal

Oscar Selfie
Oscar Selfie

Tahun 2014 lalu, di malam penghargaan Academy Awards atau biasa dikenal dengan penghargaan Oscar, Ellen DeGeneres mengumpulkan 11 selebritis Hollywood yang terdiri dari Jared Leto, Jennifer Lawrence, Channing Tatum, Meryl Streep, Julia Roberts, Kevin Spacey, Brafley Cooper, Brad Pitt, Peter Nyong’o, Lupita Nyong’o, Angelina Jolie untuk mengambil selfie bersama dirinya. Selfie yang ternyata merupakan bagian dari promo Samsung ini sangat sensasional karena berhasil mengumpulkan lebih dari 3 juta retweet di Twitter. (alo)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak