REVIEW: Film ‘Nada untuk Asa’


Kisah tentang pengidap AIDS termasuk masih jarang diangkat ke layar lebar. Padahal, kisah orang-orang yang mengidap HIV/AIDS tersebut memiliki banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi bagi kita untuk dapat menjalani hidup dengan kuat. Nah, film ‘Nada untuk Asa’ yang diadaptasi dari novel karangan Ita Sembiring berjudul serupa ini adalah salah satu film yang mengangkat kisah perjuangan hidup orang-orang yang telah dididagnosis positif ini. Seperti apa ceritanya? Yuk, kita cek.

Sinopsis Film ‘Nada untuk Asa’

Film ini mengisahkan tentang kehidupan dua orang wanita yang mengidap HIV bernama Nada dan Asa yang harus berjuang melawan penyakitnya sekaligus bertahan di tengah masyarakat memberikan stigma negatif untuk mereka dan menolak kehadiran mereka di sekitar. Bahkan, keluarga Nada dan Asa sendiripun tak bisa menerima sepenuhnya keadaan mereka yang memang bisa dibilang tidak beruntung ini.

Nada yang diperankan oleh Marsha Timothy adalah seorang perempuan biasa. Sekilas, kehidupannya terlihat sempurna di mata orang-orang yang ada di sekitarnya. Dia adalah sosok istri dan ibu yang bahagia dan sempurna serta tak kekurangan apa-apa. Namun pada suatu hari kebahagiannya seaakan hilang dalam sekejap mata karena ajal tiba-tiba saja menjemput suami tercintanya. Musibah tak berhenti di situ. Ternyata, suaminya selama ini mengidap AIDS dan telah menularkan penyakit itu kepada Nada. Nada pun harus menerima nasib pahit di mana selain harus menghitung detik-detik hidupnya yang dengan cepat terus berkurang, ia juga harus dikucilkan oleh keluarga. Yang paling menyakitkan adalah ayahnya yang selama ini merupakan sosok yang paling disayanginya juga turut menjauhi dirinya.

Di lain tempat, ada Asa (Acha Septriasa). Asa adalah sosok gadis yang periang dan tetap tegar walaupun dia sudah positif mengidap AIDS. Perjuangannya untuk bisa terus menjalani hidup dengan normal menarik perhatian Wisnu (Darius Sinathrya). Sifat Asa yang tak mau menyerah dan terus optimis membuat Wisnu jatuh cinta.

Di sinilah konflik-konflik film ‘Nada untuk Asa’ ini muncul. Mampukah Nada memaafkan suaminya yang telah menularkan penyakit ini kepadanya? Dan bisakah Asa menerima cinta Wisnu tanpa harus merasa ragu dengan kondisinya sekarang?

Detail Film ‘Nada untuk Asa’

Sutradara : Charles Gozali
Produser : Hendrick Gozali
Pemain : Acha Septriasa, Darius Sinathrya, Marsha Timothy, Wulan Guritno, Mathias Muchus, Butet Kertaradjasa, Inong Nidya Ayu, Aurelia Devi, Bayu Oktara, Tony Tallo, Irgi Achmad Fahrezi, Pongki Barata, Bisma Karisma
Genre : Drama
Tanggal Rilis Perdana : 5 Februari 2015
Rumah Produksi : Magma Entertainment


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak