Ini Cara Masak Mie Instan yang Lebih Sehat


Siapa yang tidak tahu mie instan? Makanan ini sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Hadir dengan berbagai rasa, makanan yang satu ini dapat diandalkan di kala cuaca dingin di musim hujan seperti sekarang ini.

Walaupun rasanya enak, tapi jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan karena mengandung banyak pengawet di dalamnya. Bijaklah mengonsumsi makanan yang satu ini jika Anda tidak ingin celaka.

Dikutip dariĀ Vemale (Jumat, 13/2/2015), berikut ini cara benar memasak mie instan.

1. Kurangi Bumbu

Salah satu yang paling mengkhawatirkan dari mie instan ini adalah bumbunga karena terdiri dari garam dan MSG. Saat akan menggunakan bumbu mie instan, pakailah hanya setengahnya saja atau tidak menggunakannya sama sekali. Ganti jadi yang lebih alami seperti hasil racikan bumbu-bumbu sendiri.

2. Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk

Untuk mengurangi dampak negatif yang dihasilkan mie instan pada tubuh, pastikan memasak mie sesuai dengan petunjuk yang tertera dan benar-benar matang. Disarankan tidak menggunakan kuah bekas masak mie, gantilah air rebusan kuah dengan yang baru.

3. Tambahkan Sayur, Daging, atau Telur

Anda bisa menambahkan sayuran, daging, atau telur ke dalam mie instan yang Anda buat. Tujuannya adalah agar tubuh mendapat gizi yang seimbang dan tidak berpenyakit. Jangan gunakan tambahan sosis atau makanan beku lainnya.

4. Batasi Jumlah Konsumsinya

Batasi konsumsi mie instan dalam sebulan, jangan terlalu sering karena akan beresiko. Hindari konsumsi mie menjelang tidur karena hanya akan menyusahkan organ tubuh Anda yang seharusnya beristirahat ketika malam.

5. Jangan Ditambah Nasi

Mie sudah memiliki kadar gula yang tinggi di dalamnya. Jika ditambah nasi, kandungan gula yang Anda konsumsi akan bertambah sehingga akhirnya hanya akan menyebabkan diabetes. Lebih baik makanmie dengan menambahkan sayur di dalamnya yang berfungsi sebagai penyeimbang.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak