REVIEW: Film ‘Kapan Kawin’


Sepertinya, kebanyakan orangtua di Indonesia ingin agar anaknya, apalagi anak perempuan, dapat cepat-cepat menikah. Fenomena inilah yang diangkat dalam film terbaru garapan Ody C. Harahap, ‘Kapan Kawin’.

‘Kapan Kawin’ menyoroti kehidupan perempuan lajang sukses di ibukota yang membuatnya tak terlalu memikirkan percintaan, namun apa daya orang tua memaksa untuk segera menikah. Cerita ini sungguh dekat dengan apa yang biasa kita temukan sehari-hari, bukan?

Tak hanya unggul dari segi cerita, aktor dan aktris yang bermain di film inipun kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi. Perpaduan ini membuat ‘Kapan Kawin’ menjadi tontonan yang pas untuk menyambut hari Valentine.

Sinopsis Film ‘Kapan Kawin’

Dinda (Adinia Wirasti) adalah potret gadis-gadis yang banyak ditemui di Jakarta. Pintar, cantik dan sukses dalam karirnya sebagai general manager di sebuah hotel bintang empat di ibukota. Namun, perjalanan cinta Dinda tak semulus aspek hidupnya yang lain. Di umurnya yang telah menginjak kepala tiga Dinda masih belum menikah. Bagi orangtua Dinda, Gatot dan Dewi yang tinggal di Jogjakarta, keadaan Dinda yang betah melajang ini adalah simbol kegagalan mereka sebagai orangtua.

Puncaknya, di hari ulang tahun Dinda ibunya mengeluarkan ultimatum untuk anak gadisnya itu supaya cepat-cepat mencari pendamping hidup. Dewi bahkan membanding-bandingkan Dinda dengan kakaknya yang telah mendapat momongan di usianya ke-24. Perkataan Dewi ini membuat Dinda memutuskan untuk melakukan sesuatu agar orangtuanya tak lagi memaksanya segera menikah.

Dindapun menyusun rencana mencari aktor yang mau dibayar untuk berpura-pura menjadi kekasihnya. Pilihannya jatuh pada seorang pemuda bernama Satrio (Reza Rahardian), seniman di bidang seni peran yang idealis dan eksentrik. Kelakuan Satrio yang kadang-kadang ‘tak biasa’ dan aneh sempat membuat ragu Dinda, namun waktu yang mendesak membuat Dinda tak punya pilihan lain dan akhirnya tetap menyewa Satrio.

Dinda dan Satrio yang sudah bekerja sama untuk menjadi pasangan kekasih bohongan kemudian menuju Jogja untuk menemui Gatot dan Dewi. Ternyata kedatangan mereka ini berbuah bencana karena Gatot dan Dewi langsung mendesak mereka untuk segera menikah.

Permasalahan tak berhenti di situ saja. Idealisme Satrio membuat dirinya sulit mengikuti rencana yang sudah disusun oleh Dinda dan pemuda itu bahkan sering menyulitkan Dinda dan membuat skenario mereka hampir ketahuan. Namun lama kelamaan Satrio menyadari bahwa sebenarnya bukan Dinda yang egois, melainkan memang keluarganya yang tidak adil dalam memperlakukan gadis itu.

Detail Film ‘Kapan Kawin’

Sutradara : Ody C. Harahap
Produser : Robert Ronny
Pemain : Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Feby Febiola, Adi Kurdi, Ivanka Suwandi, Firman Ferdiansyah, Ellis Alisha
Genre : Drama, Romantis, Komedi
Tanggal Rilis Perdana : 12 Februari 2015
Rumah Produksi : Legacy Pictures


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak