Unik, Bos Malah Cuci Kaki Karyawannya


Imlek bagi beberapa perusahaan di China digunakan sebagai akhir tahun kerja. Kebiasaan di sana, tiap akhir tahun adalah saat untuk memberikan apresiasi kepada para karyawan. Entah dengan bonus, uang atau voucher belanja.

Para karyawan sebuah perusahaan teknologi informasi di Guangzhou, Provinsi Guangdong, Tiongkok juga seperti perusahaan lainnya menerima bonus akhir tahun spesial pada tanggal 3 Februari lalu. Bukan dalam bentuk uang, bonus yang mereka dapatkan adalah cuci kaki. Uniknya, kaki mereka dibasuh oleh para manajer mereka.

Dilansir dari China News Service, Jumat (20/2/2015), pendiri perusahaan sekaligus CEO bermarga Jiao adalah salah satu eksekutif yang berkumpul di luar kantor perusahaan untuk membasuh kaki para karyawannya.

Para karyawan duduk di sebuah kursi kecil sedangkan para manajer berjongkok ria berhadapan dengan bak kecil berisi kaki dan juga air bersih. Salutnya, tidak nampak wajah galau atau emosi para manajer itu inginĀ  memecat karyawannya. Justru senyum tulus yang terlihat di wajah para manajer itu.

Jiao menjelaskan bahwa meskipun semua karyawan juga akan menerima bonus reguler yang diberikan tiap akhir tahun, dia ingin melakukan sesuatu yang istimewa untuk menunjukkan penghargaan atas kerja keras mereka.

“Jika tidak benar-benar menganggap karyawan sebagai keluarga, maka hal seperti ini tidak mungkin untuk dilakukan. Tetapi jika melihat mereka sebagai keluarga, maka membasuh dan membersihkan kaki mereka adalah hal yang sangat normal untuk dilakukan,” kata Jiao.

Dalam budaya Tionghoa, membasuh dan membersihkan kaki adalah cara untuk menunjukkan bakti atau rasa hormat kepada orang tua.

“Bos saya, yang merupakan salah satu orang penting perusahaan, berjongkok dan membasuh kaki saya. Saya merasa sangat gugup tapi juga sangat tersanjung,” komentar salah satu karyawan, atau tepatnya programer perusahaan, Zhang Xian. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak