Penyebab Ponsel Terasa Bergetar, Padahal Tidak


Kamu pernah atau sering merasa seolah ponselmu bergetar tetapi begitu dicek ternyata tidak ada panggilan, SMS, atau chat masuk? Tenang, kamu tidak sendirian karena ternyata hampir semua orang yang terbiasa mengantongi ponselnya pernah atau sering mengalami hal tersebut. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Kejadian itu disebut juga phantom vibration. Sederhananya, kejadian tersebut disebabkan karena otak salah menerima respon dari saraf kita.

Dilansir dari BBC, Jumat (20/2/2015), psikolog melihat fenomena ini dan menghubungkannya dengan teori deteksi sinyal untuk membimbing pemikiran mereka tentang kesalahan persepsi. Melalui contoh getaran ponsel, kita dapat melihat bagaimana teori ini menjelaskan mengapa hal tersebut umum dialami oleh sebagian orang.

Saat ponsel berada dalam saku, ada 2 kemungkinan, ponsel bergetar atau tidak. Anda juga memiliki 2 pemikiran, menilai ponsel tersebut bergetar, atau menilai ponsel tersebut tidak bergetar. Jika otak Anda mencocokkan keadaan ini secara benar, maka saat Anda merasakan ponsel bergetar, ponsel tersebut memang sedang benar-benar bergetar. Tetapi, jika otak melakukan kesalahan untuk mencocokkan sinyal, akan muncul kesalahan persepsi

Jika kamu terbiasa mengantongi ponsel di saku celana kamu, saraf di sekitar tempat kamu biasa meletakkan ponsel itu lama-kelamaan akan bisa mengenali keadaan apakah ponsel tersebut bergetar ataukah ponsel tersebut tidak bergetar. Rangsangan dari saraf tersebut kemudian diterima dan diterjemahkan oleh otak sebagai suatu kondisi antara â??ponsel bergetarâ?? atau â??ponsel tidak bergetarâ??.

Otak kita bisa saja salah menterjemahkan rangsangan tersebut. Otak bisa saja menterjemahkan rangsangan saraf sebagai kondisi â??ponsel bergetarâ?? padahal sebenarnya tidak, dan demikian pula sebaliknya. Saat itulah kita merasa ponsel kita seolah bergetar padahal sesungguhnya tidak.

Lalu, apakah hal ini wajar? Sebenarnya hal ini wajar saja. Hal ini mirip dengan yang dirasakan oleh ibu yang baru melahirkan, di mana mereka sering masih merasa gerakan bayi di perut mereka.

Tetapi, beberapa ahli juga mengatakan bahwa hal ini terkait dengan kebiasaan manusia sekarang yang tidak bisa lepas dari ponsel yang mereka miliki. Jika seseorang sudah sangat sering merasakan phantom vibration ini, diduga bahwa orang tersebut sangat mengkhawatirkan atau mengharapkan adanya telepon, SMS, atau chat masuk ke ponsel mereka. Artinya, orang tersebut hampir tidak bisa lepas dari gadget.

Kalau kamu sering merasakan gejala phantom vibration, tidak ada  salahnya kalau meluangkan sejenak waktu untuk lepas dari gadget. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak