5 Tips Tingkatkan Fungsi Otak

Otak manusia adalah organ terpenting untuk menciptakan kehidupan yang seimbang. Tanpa adanya otak, manusia akan melakukan tindakan-tindakan yang tidak terkendali dan diluar kontrol. Untuk itu, otak perlu dijaga dengan baik agar fungsinya bisa terus berjalan dengan baik. Dikutip dari theguardian (Selasa, 24/2/2015), berikut ini lima tips meningkatkan fungsi otak

1. Jalan Sejauh 3,2 Km Per Hari

Olahraga secara teratur dengan berjalan setiap hari terbukti mampu menurunkan resiko pikun sebanyak 60 persen. Berjalan dengan stabil akan memiliki efek pada manusia dalam menempatkan otak pada kondisi neuroplastik 

2. Belajar Bahasa, Tarian, atau Alat Musik

Setelah dewasa, manusia biasanya jarang melatih otak sebanyak saat masih duduk di bangku sekolah. Saat masih sekolah biasnaya kita melakukan berbagai kegiatan seperti bermain, olahraga, baca buku, les, dan lain sebagainya. Sedangkan ketika memasuki usia dewasa, kita malas untuk melakukan banyak kegiatan dan cenderung melakukan kegiatan berulang-ulang seperti membaca buku atau mengerjakan tugas kantor. Padahal untuk mempertahankan keremajaan otak, seseorang harus terus melatihnya dengan melakukan aktivitas baru yang sulit sehingga otak manusia bisa terus aktif dan tidak kaku. Belajar bahasa, taria, atau alat musik dapat membantu mempertahankan daya ingat.

3. Lakukan Latihan Otak Serius

Semakin tua manusia, maka otaknya semakin penuh. Ketika mendapatkan informasi, otak manusia tidak bisa memasukkannya dengan cepat dan jelas. Oleh karena itu diperlukan latihan otak serius.

4. Perhatikan Suara dengan Baik

Kamu tentu pernah sangat suka mendengar suara seseorang baik itu penyanyi ataupun dari lawan bicaramu. Suara seseorang dapat menumbuhkan minat tertentu pada seseorang. Jadi coba perhatikan suaramu agar kamu selalu semangat dengan apapun yang kamu lakukan. Hal ini pun dapat memberi energi pada otak karena suara yang kita miliki enak didengar.

5. Istirahat

Istirahat membantu otak agar dapat mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada dalam otak. Kotoran-kotoran tersebut adalah salah satu penyebab pikun manusia. Jadi pastikan diri kamu istirahat dengan cukup agar otak terus terpelihara.(dea)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Apa Komentarmu

Loading...