Sosok Wanita dalam Karya Sheila On 7


Sheila On 7 adalah grup musik Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996. Grup band ini pada awalnya adalah sekumpulan anak-anak sekolah dari beberapa SMA di Yogyakarta. Di awal berdirinya bersatulah lima anak muda, Duta (vokal) berasal dari SMA 4, Adam (bass) dari SMA 6, Eross (gitar) dari SMA Muhammadiyah I, Sakti (gitar) dari SMA De Britto, dan Anton (drum) berasal dari SMA Bopkri I. Mereka sepakat untuk membentuk sebuah band dan membawakan lagu-lagu dari kelompok Oasis, U2, Bon Jovi, Guns N’ Roses, hingga akhirnya mereka menciptakan lagu sendiri dan terkenal hingga saat ini.

Setelah keluarnya Anton pada tahun 2004 dan Sakti pada tahun 2006, Sheila On 7 kini resmi hanya berempat, yaitu : Duta, Adam, Eross, dan Brian. Selama berkarier di dunia musik, Sheila On 7 total sudah 11 album yang mereka sudah lahirkan. dan yang terakhir judul albumnya “Musim yang Baik”.

Dari kesebelas album tersebut, mungkin kamu tidak sadar kalau ternyata banyak nama dari sosok wanita yang digunakan sebagai judul lagu yang mereka ciptakan. Lalu, ada siapa saja nama wanita yang mereka  gunakan? Berikut nama-namanya, seperti dikutip dari Kaskus, Kamis (5/3/2015).

1. Rani

Nama Rani muncul dalam judul lagu “Perhatikan Rani”, yang merupakan salah satu lagu dari album pertama mereka. Dalam lagu ini, Rani digambarkan sebagai seorang kakak yang telah beranjak dewasa dan baru menyelesaikan pendidikannya. Rani harus meninggalkan orang tua dan tempat tinggalnya demi bisa mencapai impian dan cita-citanya. Lagu ini ialah lagu yang dinyanyikan oleh seorang adik untuk kakak perempuannya. Lagu ini bertujuan untuk meyakinkan sang kakak untuk tidak takut meraih mimpinya. Karena saudara dan orangtuanya pasti akan selalu mendoakan yang terbaik untuknya.

2. Sephia

Mungkin lagu “Sephia” ini merupakan lagu yang terkenal, terutama saat pertama kali muncul video klipnya. Sephia sendiri merupakan nama seorang wanita yang menjadi kekasih gelap seorang pria. Sesuai liriknya, lagu ini mengambil tema yang cukup berani, yaitu perselingkuhan. Meski demikian, lagu ini mengajarkan ke pendengarnya bahwa perselingkuhan itu tidak baik untuk dijalankan. Lagu “Sephia” memberitahu kita bahwa hubungan gelap hanya akan membawa masalah dan menyakitkan di kemudian hari, makanya lebih baik untuk tidak diteruskan.

3. Niah

Nama Niah muncul dalam judul lagu “Jangan Beri Tahu Niah” yang ada di album “Pejantan Tangguh”. Nama Niah di lagu ini digunakan hanya untuk penggambaran saja, bukan nama sebenarnya. Sekali lagi, Sheila On 7 memberikan kita lagu tentang perselingkuhan dan mengajarkan kita untuk mencintai kekasih sejati kita dan tidak berselingkuh.

4. Khaylila

Berjudul “Khaylila’s Song”, yang juga ada di album “Pejantan Tangguh”, lagu ini diciptakan Eross untuk keponakannya yang masih kecil yaitu Khaylila. Sehingga tidak heran, kalau lirik lagu ini berisi wejangan atau nasihat, selayaknya orang tua ke anaknya. Eross berharap Khaylila tumbuh menjadi wanita yang baik. Wanita murah hati yang mampu memberi kedamaian bagi semua orang, juga yang terpenting kepada anak-anaknya kelak. Agar anak-anaknya dapat menjadi pribadi yang baik.

5. Dinda

Berbeda dengan sebelumnya, nama Dinda ini tidak muncul dalam judul lagunya, karena judul lagunya adalah “Bertahan Disana”. Lagu ini menyebutkan nama Dinda dalam liriknya yang bertemakan hubungan jarak jauh sepasang kekasih alias LDR. Si pria berharap Dinda yang menjadi kekasihnya mau bersabar menantinya yang sedang pergi kerja untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ia berjanji akan kembali untuk meminangnya. Semoga saat ia kembali Dinda masih mau menerimanya.

6. Disya

Nama Disya juga muncul dalam lirik lagu, bukan judul lagu. Judul lagu yang memuat nama Disya ini adalah “Terjamah yang Lain”. Lagu ini mengisahkan tentang seorang pria yang belum bisa move on. Ia masih mencintai mantannya. Bahkan ia masih berharap dan menantikan mantannya untuk kembali,
meskipun ia tahu mantannya telah punya kekasih baru.

7. Linda

Nama Linda muncul dalam judul lagu “Ibu Linda”. Tema lagu ini adalah tentang kisah cinta yang tidak direstui. Liriknya menceritakan tentang hubungan percintaan yang kompleks dan sangat rumit. Meskipun mereka saling mencintai, tapi nyatanya si keluarga perempuan tidak merestuinya. Hingga memaksa mereka berpisah. Hanya saja masih timbul pertanyaan, kalau nama Linda ini sebenarnya nama ibunya atau kekasih sang pria.

8. Lia

Lia disebut tiga kali dalam judulnya, yaitu “Lia Lia Lia”. Nama Lia dalam lagu ini adalah nama panggilan istri dari Duta sang vokalis, yaitu Adelia Lontoh. Lirik lagunya berisi tentang seorang pria yang tergila-gila kepada seorang wanita. Ia merasa wanita itu begitu istimewa dan sangat menakjubkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
91
Love
OMG OMG
81
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
101
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak