VIDEO: Dikira Bunga, Ternyata Belalang


Tim ilmuwan dari Macquarie University, Australia, berhasil menemukan spesies belalang predator yang berwujud unik, karena menyerupai bunga untuk memikat dan menangkap mangsanya.

Dilansir dari Live Science, (6/3/2015), spesies belalang anggrek atau bernama ilmiah Hymenopus coronatus, memiliki kemampuan menyamar seperti bunga lengkap dengan kakinya yang berbentuk mirip kelopak bunga.

Menurut para ilmuwan, alam memang menyajikan beragam hewan yang mempunyai kemampuan meniru bentuk tanaman. Misalnya, serangga tongkat menyerupai ranting dan laba-laba kepiting yang menyamar seperti bunga untuk menangkap mangsanya.

Tapi, berbeda dengan belalang anggrek yang bentuk penyamarannya sangat mirip dengan bunga asli. Selain untuk memburu mangsa, penyamaran itu juga dilakukan untuk melindungi diri dari serangan pemangsa.

Sebenarnya, gagasan mengenai belalang anggrek yang mampu berubah wujud menjadi seperti bunga anggrek telah muncul pada tahun 1800an, yang dicetuskan oleh Alfred Russel Wallace.

Tapi, konfirmasi bahwa belalang anggrek bisa meniru bentuk anggrek belum pernah dikonfirmasi, setidaknya untuk saat itu. Hal itu dikarenakan keberadaan belalang anggrek yang sangat langka.

“Gagasan mengenai belalang yang mampu meniru anggrek sudah ada sejak satu abad yang lalu. Tapi, belum ada pengujian bahwa penyamaran itu benar-benar terjadi,” kata James O’Hanlon, pemimpin penelitian dari Macquarie University.

Akhirnya, setelah sekian lama melakukan penelitian tentang belalang anggrek, tim berhasil mengkonfirmasi bahwa belalang anggrek memiliki warna berbeda dari 13 jenis bunga liar yang ada di hutan. Selain itu, para ilmuwan juga menyaksikan keberhasilan penyamaran belalang anggrek untuk memikat puluhan serangga.

“Belalang Anggrek merupakan satu-satunya hewan di dunia yang menyamar seperti bunga untuk menarik mangsa-mangsanya,” ujar Hanlon.

Untuk lebih jelas mengenai cara belalang anggrek ini menyamar menjadi bunga anggrek, kamu bisa lihat sendiri videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak