VIDEO: Mengintip Penjara Termewah di Dunia


Mendengar kata penjara, mungkin membuat seseorang menjadi ngeri dan tampak menakutkan, karena yang terbayang adalah para penjahat dengan penjaga yang tampak garang. Tak lupa juga bangunan yang gelap, meyeramkan, sulit air serta kondisi yang kumuh, karena memang tujuan dari penjara salah satunya adalah membuat sang pelaku kejahatan menjadi jera dan tidak ingin lagi kembali kesana.

Namun penjara yang satu ini justru membuat para napinya merasa betah dan tidak ingin melakukan usaha kabur keluar dari sana. Penjara itu adalah Penjara Halden di Norwegia.

Sebuah penjara di Norwegia ini sama sekali tidak tampak angker maupun kumuh, malah sebaliknya, lebih mirip dengan hotel berbintang. Dengan fasilitas 256 kamar tahanan yang dilengkapi dengan TV layar datar, kulkas bahkan kamar mandi, penjara tersebut memang pantas dinobatkan sebagai penjara paling mewah sedunia.

Tidak berhenti di situ, kalau kita tengok lebih dalam lagi maka fasilitas yang lebih lengkap seperti jendela untuk mendapatkan cahaya matahari dengan baik, ruang tamu dengan sofa mewah, studio musik, gym yang dilengkapi dengan panjat tebing bahkan perpustakaan dengan buku yang lumayan lengkap pun di sana ada. Kegiatan para tahanan yang ada di sana pun tidak kalah menyenangkannya, misalnya bermeditasi, membaca buku, menulis surat dengan bebas serta mencabut gigi dengan dokter gigi secara gratis pun ada disana.

Alasan penjara tersebut dibuat mewah adalah untuk mencegah para napinya kabur. “Dalam sistem penjara di Norwegia, kami menghargai hak asasi para tahanan,” kata kepala penjara Halden Fengsel Are Hoidal seperti dikutip dari TIME, Senin (23/3/2015).

Bahkan salah satu napinya yang bernama Andres Behring Breivik, yang dipenjara karena dakwaan pembunuhan, mengaku betah tinggal di sana karena fasilitas yang diberikannya.

Norwegia disebut sebagai negara terbaik di dunia. Tidak seperti di negara lain, Norwegia memiliki napi dengan jumlah yang sangat sedikit, karena tingkat kejahatan di negara ini sangatlah minim. Semua orang hidup dengan layak, mulai dari profesor sampai petugas kebersihan semuanya mendapatkan gaji layak.

Kamu bisa lihat seperti apa nyamannya penjara Halden pada video di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak