5 Kebiasaan Makan Unik Orang Indonesia


Kebiasaan makan di Indonesia memang tergolong unik. Meski sekarang sudah banyak anjuran diet atau tren pola makan yang begini begitu, namun selama perut kenyang dan hati senang, kebiasaan makan ini tidak ditinggalkan. Dilansir dari Kaskus, Selasa (31/3/2015), berikut adalah 5 kebiasaan makan unik orang Indonesia.

1. Tahu dan Tempe dalam Satu Piring

Mungkin bagi orang Indonesia menyantap tahu dan tempe dalam satu piring sudah dianggap normal. Tapi tidak bagi orang yang tinggal di luar Indonesia. Di luar negeri, tahu dan tempe relatif mahal dan harganya bisa mencapai puluhan ribu walau hanya potongan kecil, sehingga orang luar negeri belum tentu bisa makan tahu atau tempe.

2. Selalu Ada Nasi Putih

Yang satu ini memang Indonesia banget. Kata orang Indonesia, belum makan namanya kalau tidak pakai nasi. Negara kita memang jadi salah satu penghasil beras terbesar dan sejak jaman nenek buyut, kita sudah sering mengonsumsi nasi putih. Jarang penjual di warung atau rumah makan menggunakan nasi selain nasi putih. Malah ada yang menggunakan nasi jagung, perpaduan antara nasi dengan jagung. Walau disebut kurang sehat, tapi sulit bagi kita melepaskan nasi dalam makanan sehari-hari.

3. Selalu Sedia Sambal

Kebiasaan makan lain di Indonesia adalah doyan makan dengan sambal. Tidak semua orang suka pedas, tapi banyak di antara kita yang merasa hambar tanpa sambal. Boleh dibilang, kenaikan harga cabai punya ikatan emosional dan pengaruh yang kuat bagi penggemar makanan pedas di negeri kita. Sambal kesukaan orang Indonesia bukan sambal olahan pabrik botolan, melainkan sambal tradisional yang dibuat dengan tangan dan rempah yang melimpah ruah.

4. Sudah Makan Mie, Masih Pakai Nasi

Kebiasaan makan mie di Indonesia ini cukup unik, yakni dengan menambahkan nasi di dalamnya. Padahal nasi dan mie sama-sama mengandung karbohidrat. Bahkan, ada yang menganggap kalau makan mie itu hanya cemilan. Memang, mie dan nasi menjadi makanan terbanyak dijual di warung dan restoran Indonesia. Harganya relatif murah dan mengenyangkan. Tapi konon makan mie pakai nasi itu tidak sehat, karena bisa meningkatkan lonjakan gula darah dalam tubuh dan memicu diabetes.

5. Lauk Paling Enak Dimakan Terakhir

salah satu kebiasaan makan unik orang Indonesia, makanan paling enak dihabiskan paling akhir. Seringnya lauk pauk yang dimakan terakhir, seperti ikan, kuning telur, kulit ayam dan sejenisnya. Bahkan ada juga yang punya ritual menghabiskan lauk sampai tulangnya bersih dari daging. Beberapa orang di Jawa menyebutnya â??krokot-krokot tulangâ??. Biasanya untuk makan ceker ayam, tengkleng dan sejenisnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak