5 Tips Bikin Makanan Awet Ala Anak Kost


Bagi anak kost, tentunya tiada hari tanpa hidup berhemat. Hal itu juga berlaku pada makanan. Jika masih ada makanan yang bisa dimakan, maka menurut mereka masih belum perlu untuk membeli makanan lagi. Dilansir dari Kaskus, Senin (20/4/2015), berikut adalah 5 tips untuk membuat awet makanan ala anak kost.

1. Mengawetkan nasi putih

Nasi putih (Kaskus)
Nasi putih (Kaskus)

Orang Indonesia memang belum bisa dikatakan makan kalau belum makan nasi. Sebenarnya cara mengawetkan nasi ini tergantung dari tekstur nasinya sendiri. Kalau nasi yang bertekstur agak kering dan tidak menggumpal (biasanya untuk nasi goreng) lebih mudah. Tuangkan saja nasinya di atas piring dan biarkan diangin-anginkan beberapa menit kemudian tutup nasinya. Untuk nasi yang bertekstur agak lembek dan menggumpal, sedikit beda caranya. Tuangkan nasi dalam piring kemudian aduk aduk jangan sampai menggumpal. Kemudian angin-anginkan sampai agak kering nasinya, kemudian tutup nasinya. Jika ingin makan, bisa dihangatkan terlebih dulu dengan magic jar.

2. Mengawetkan Sate

Sate (Kaskus)
Sate (Kaskus)

Sate bisa untuk makan 2 atau 3 kali. Cara mengawetkannya juga cukup mudah. Saat membeli sate, bilang pada penjualnya untuk memisahkan bumbu dengan satenya. Bumbunya juga jangan dicampur dengan sambal. Taruh sate dan bumbu kacangnya di piring atau wadah berbeda. Jika lapar, kamu bisa buka lagi sisa sate dan bumbunya yang masih ada tanpa membeli lagi satenya.

3. Mengawetkan nasi goreng

Nasi goreng (Kaskus)
Nasi goreng (Kaskus)

Bagi anak kost, harga satu porsi nasi goreng tergolong mahal. Nasi goreng bisa untuk 3 kali makan.Cara mengawetkan nasi goreng sangat mudah. Tuang aja di piring sambil diaduk-aduk dan angin-anginkan. Yang terpenting buat nasi gorengnya sedingin mungkin, dan seperti biasa beri tutup agar aman dari ‘kunjungan’ hewan lain seperti lalat atau cicak.

4. Mengawetkan bakso

Bakso (Kaskus)
Bakso (Kaskus)

Sebenernya yang bisa diawetkan adalah baksonya saja, karena kuahnya bisa jadi basi jika disimpan terlalu lama. Sama seperti sate, cara mengawetkan bakso adalah dengan memisahkan bakso dan kuahnya. Jika ingin membuat kuah, kamu bisa beli bumbu kaldu bubuk yang biasa dijual di warung. Rebus air, campur dengan garam dan kaldu bubuk. Bakso biasanya cuma tahan setengah hari, jadi sebaiknya makanan ini dimakan saat malam.

5. Cara mengawetkan Aneka Makanan Yang Digoreng

Gorengan (Flickr)
Gorengan (Flickr)

Untuk gorengan seperti telur ceplok, ayam goreng, atau gorengan lainnya, cara mengawetkannya lebih mudah. Tinggal ditaruh di wadah dan ditutup saja. Namun pastikan kondisi gorengannya jangan masih panas. Sebelum ditaruh di wadah, lebih baik didinginkan dulu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
93
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak