Giliran Tarik Tisu dari Atas atau Bawah yang Diperdebatkan Netizen

Sebelumnya, netizen dibuat berdebat soal warna gaun, serta kucing naik atau turun. Kini, netizen kembali ‘diadu domba’ dengan hal yang bisa dibilang cukup sepele, yaitu mengenai tisu toilet. Mereka berdebat mengenai cara menarik tisu toilet dari atas atau bawah.

Banyak perbedaan orientasi tentang penggunaan tisu toilet gulung ini. Beberapa orang berpendapat, keuntungan menarik toilet dari bawah yakni mencegah kucing dan anjing untuk membuka gulungan.

Beberapa orang lainnya juga percaya bahwa penggunaannya dari bawah memudahkan penggunanya untuk merobek tisu.

Untungnya, perdebatan ini tak sampai berlarut-larut seperti debat gaun atau kucing. Perdebatan itu berakhir setelah akun twitter Owen Williams (@Ow) memunculkan diagram yang berusia 124 tahun. Diagram tisu toilet yang sudah ada sejak 22 Desember 1891 itu menjawab dengan jelas perdebatan soal cara penggunaan tisu toilet.

Tweet Owen William (Twitter)
Tweet Owen Williams (Twitter)

Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (21/4/2015), ide tisu toilet gulung ini digagas oleh Seth Wheeler, seorang pebisnis asal New York, Amerika Serikat.

Diagram tisu toilet Seth Wheeler (Daily Mail)
Diagram tisu toilet Seth Wheeler (Daily Mail)

Dia mematenkan temuannya dengan menambahkan beberapa lubang yang membantuk garis putus-putus untuk memudahkan memotong tisu tanpa perlu bantuan alat potong. Sejak itu, temuan Wheeler ini dicap sebagai tisu toilet modern.

Sementara itu, memang tisu toilet yang ditarik dari atas maupun bawah masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Lihat pada gambar berikut ini.

Kelebihan tisu toilet ditarik dari atas (Daily Mail)
Kelebihan tisu toilet ditarik dari atas (Daily Mail)
Kelebihan tisu toilet ditarik dari bawah (Daily Mail)
Kelebihan tisu toilet ditarik dari bawah (Daily Mail)

Dari gambar di atas, terlihat kelebihan tisu toilet yang ditarik dari atas antara lain adalah lebih mudah menariknya, lebih mudah disobek, dan bebas dari kuman yang menempel di dinding.

Sedangkan untuk tisu toilet yang ditarik dari bawah kelebihannya adalah terlihat lebih rapi dan bebas dari ‘kenakalan’ hewan peliharaan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Namun jika ditanya mengenai mana yang benar, maka jawabannya adalah menarik tisu toilet harus dari atas, karena hal itulah yang memang diinginkan oleh penciptanya. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Wah, Ada Pria yang Mirip Zayn Malik

Nama Kartini Jadi Nama Jalan di Luar Negeri!