Tahun 2025, Kondisi Dunia Akan Jadi Seperti Ini


Saat ini, tahun 2015, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin pesat. Bagaimanakah keadaan teknologi dan ilmu pengetahuan pada tahun 2025? Menurut laporan Thomson Reuters dalam “The World in 2025: 10 Prediksi Inovasi”, Senin (27/4/2015), kita semua akan ‘menyetir’ pesawat seperti mobil saat ini. Disebutkan juga dalam laporan tersebut bahwa segala sesuatu di kehidupan sehari-hari pada tahun itu akan serba digital.

Laporan ini memprediksi lanskap ilmu pengetahuan dan teknologi dalam 10 tahun berdasarkan data paten global dan literatur ilmiah.

Untuk melakukan studi ini, peneliti Thomson Reuters mengidentifikasi 10 bidang ilmiah paling populer menggunakan Thomson Reuters Web of Science. Hasilnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Jumlah penderita demensia atau kepikunan akan menurun

Menurut laporan itu, ‘Baby Boomers’ atau orang-orang yang lahir sebelum 1962 akan mulai mencapai umur 80-an. Dana penelitian lebih banyak dihabiskan untuk mengatasi penderitaan yang mungkin mereka hadapi.

2. Matahari jadi sumber energi terbesar di planet ini

Cara untuk mendapatkan, menyimpan dan mengubah energi surya sudah sangat maju dan efisien sehingga bintang terbesar di galaksi kita itu menjadi sumber utama energi di planet Bumi.

3. Penyakit diabetes tipe 1 dapat dicegah

Memodifikasi genom manusia akan menjadi kenyataan sehingga memungkinkan pencegahan penyakit seperti diabetes tipe 1.

4. Dunia tak lagi kekurangan pangan

Berkat kemajuan dalam bidang teknologi pencahayaan dan teknik pencitraan, ditambah dengan modifikasi genetik tanaman, kekurangan pangan dan fluktuasi harga pangan tidak kembali terjadi dan hanya merupakan bagian dari masa lalu.

5. Transportasi udara listrik umum terlihat

Teknik kedirgantaraan ringan dan teknologi baterai modern akan menjadi kekuatan transportasi kendaraan listrik di darat dan di udara. Pesawat komersial mini akan terbang di langit untuk melakukan perjalanan pendek. Karena pesawat-pesawat tersebut bisa lepas landas dan mendarat di tempat yang lebih kecil, memungkinkan seseorang untuk mendapatkan lisensi pilot dengan mudah.

6. Semuanya akan serba digital

Semua peralatan seperti mobil bahkan rumah bisa merespon setiap keinginan pemiliknya dan bisa berpikir sendiri. Semua orang di dunia akan terkoneksi secara digital.

7. Terciptanya bahan bakar dari selulosa

Bahan bakar dari selulosa yang dijual dalam kemasan dan 100 persen bisa terurai kembali akan menjadi pemandangan biasa. Sementara bahan bakar berbasis minyak bumi tinggal sejarah.

8. Efek beracun dari penanganan kanker akan berkurang

Pengembangan obat sudah semakin maju dan presisi dalam mengobati penyakit. Efek melemahkan bahan kimia beracun pada pasien kanker akan berkurang secara signifikan.

9. Pemetaan DNA saat lahir bisa dilakukan

Evolusi nanoteknologi, ditambah dengan semakin umumnya teknologi ‘Big Data’ yang menggabungkan data dari banyak orang yang berbeda, membuat pemetaan DNA saat lahir adalah hal biasa. Bahkan menjadi bagian dari ujian tahunan bagi para dokter. Hal ini memungkinkan penyakit dapat diidentifikasi lebih cepat dan tepat.

10. Teleportasi kuantum mulai muncul

Meskipun pada tahun 2025 manusia belum akan bisa melakukan teleportasi, ini merupakan investasi yang signifikan dalam pengujian teleportasi kuantum. Teknologi ini masih akan terus diuji untuk membuktikan bahwa konsep ini tidak hanya bisa tapi juga berguna.

Akankah kesepuluh prediksi tersebut benar-benar terjadi tahun 2025 mendatang? Kita nantikan saja. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak