5 Barang Bekas yang Ternyata Bernilai Tinggi

M3367S-4507

Barang bekas biasanya hanyalah barang yang nilainya hanya sedikit atau malah tak bernilai. Meski demikian, kamu harus memilih-milih juga barang bekas yang mau kamu buang. Siapa tahu saja barang bekas milikmu itu justru jadi barang yang bernilai tinggi, seperti halnya 5 barang bekas berikut ini, yang dikutip dari Kaskus, Kamis (7/5/2015).

1. Mangkuk keramik

Mangkuk keramik (Kaskus)
Mangkuk keramik (Kaskus)

Seseorang yang tidak diketahui namanya asal New York, AS, membeli sebuah mangkuk buatan China dalam sebuah cuci gudang seharga atau setara Rp 36 ribu. Mangkuk keramik tersebut berdiameter 5 inci. Ternyata, mangkuk tersebut adalah keramik peninggalan Dinasti Song di China yang berkuasa sekitar tahun 960-1127. Itu artinya, mangkuk tersebut berusia setidaknya 1000 tahun. Bulan Maret lalu, mangkuk ini didaftarkan ke balai lelang Sothebyâ??s di New York dan dibeli oleh seorang kolektor asal London seharga USD 2,2 juta atau setara Rp 22 miliar.

2. Kotak penyimpan barang bekas

Sertifikat (Kaskus)
Sertifikat (Kaskus)

Pada tahun 2008, seorang pria bernama Tony Marohn asal Californi, AS, membeli sebuah kotak penuh barang-barang bekas dari sebuah cuci gudang yang diadakan tetangganya. Kotak berisi barang-barang bekas itu dibelinya seharga atau setara Rp 60.000. Sesampainya di rumah, Marohn memeriksa apa saja isi kotak tersebut. Salah satu isinya ternyata sertifikat saham kuno yang dikeluarkan pada tahun 1917.
Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Palmer Union Oil Company, bernilai 1,625% saham. Setelah melakukan investigasi kecil-kecilan, Marohn menemukan bahwa Palmer Union Oil melakukan merger dengan sebuah perusahaan lain. Lalu, perusahaan hasil merger itu melakukan merger lagi dengan Coke, produsen Coca Cola. Berdasarkan perhitungan sekarang, sertifikat saham yang dipegang Marohn kini setara 1,8 juta lembar saham. Karena harga selembar saham Coca Cola adalah ,02, maka 1,8 juta lembar saham itu bernilai USD 130 juta.

3. Lukisan yang terlihat murahan

Lukisan (Kaskus)
Lukisan (Kaskus)

Pada tahun 2010, seorang pebisnis Inggris Andy Fields membeli lima buah lukisan dari sebuah cuci gudang di Las Vegas. Kelima lukisan itu dibayarnya hanya sekitar Rp 60 ribu. Suatu ketika ia ingin membingkai salah satu lukisan. Tanpa sengaja, Fields menemukan sketsa buatan Andy Warhol di belakang lukisan tersebut. Dari tanda tangan yang ada di sketsa tersebut, yakni tanda tangan penyanyi top era 30-an Rudy Vallee, sketsa itu diperkirakan dibuat saat Warhol berusia 10 tahun. Warhol adalah seorang seniman terkenal di masanya, dan sketsa tersebut diperkirakan bernilai USD 2 juta.

4. Negatif film

Foto (Kaskus)
Foto (Kaskus)

Suatu ketika, pria bernama Rick Norsigian membwli sebuah kotak penyimpanan dari cuci gudang. Saat diperiksa, ternyata kotak tersebut berisi 65 rol negatif film hasil karya fotografer top Amerika Serikat, Ansel Adams, yang kemudian dikenal sebagai bapak fotografi Amerika. Foto-foto dalam rol tersebut ditengarai diambil antara tahun 1919 hingga 1930. Sedangkan nama Adams baru mulai dikenal luas pada tahun 1940. Menurut seorang juru nilai sebuah balai lelang di Beverly Hills, seluruh isi kotak tersebut bernilai USD 200 juta.

5. Kotak kayu

Kotak antik (Kaskus)
Kotak antik (Kaskus)

Pada tahun 1970, seorang insinyur asal Prancis membeli sebuah kotak kayu antik seharga sekitar Rp 1 juta, yang kemudian dia gunakan sebagai rak meletakkan televisi selama 16 tahun di apartemennya di South Kensington, AS. Ketika pensiun pada tahun 1986, sang insinyur pulang ke Prancis. Kotak kayu itu dibawanya pulang dan dijadikan hiasan di dapur. Suatu ketika pada tahun 2013, keluarga sang insinyur memanggil juru taksir rumah untuk menilai berapa harga rumah tersebut. Rumah sang insinyur akan dijual beserta seluruh isi di dalamnya. Saat menaksir rumah, sang juru taksir melihat kotak kayu kuno milik sang insinyur yang ternyata adalah kotak emas yang lama hilang. Kotak emas tersebut terkenal sebagai Mazarin Chest dan merupakan peninggalan Jepang dari abad ke-17. Saat didaftarkan dalam sebuah lelang, kotak kayu yang selama puluhan tahun menjadi rak televisi dan botol-botol minuman itu laku terjual seharga USD 9,5 juta. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Bukan Spider-Man, Andrew Garfield Jadi Ahli Agama di Film Terbarunya

Boys, Ini Tanda-tanda Gebetan Juga Naksir Kamu