Ini yang Bakal Terjadi Jika Manusia Masuk Black Hole


Masih banyak misteri tentang alam semesta. Tentang bagaimana ia diciptakan, berapa persis umur, dan tentang begitu banyak planet yang belum diketahui apa isinya. Salah satu misteri yang juga membuat para ahli penasaran adalah black hole (lubang hitam). Lubang hitam itu dianggap sebagai tempat paling aneh di alam semesta ini.

Lubang hitam itu sangat besar. Lubang utamanya disebut “titik tidak terbatas”. Lantaran begitu gelap, bahkan tidak ada cahaya dengan kekuatan berapapun¬† yang sanggup menyusup.

Dilansir dari BBC, Jumat (8/5/2015), sekira satu dari setiap seribu bintang di galaksi yang cukup besar berpotensi membuat lubang hitam. Bima Sakti memiliki setidaknya 100 miliar bintang yang berarti sekira 100 juta lubang hitam bersembunyi di galaksi.

Ilmu astronomi menggambarkan bahwa lubang hitam memiliki gravitasi yang begitu kuat. Tak ada yang mampu lari darinya, tak terkecuali cahaya. Jika benar-benar ada manusia yang mampu masuk ke dalam black hole, hal-hal berikut mungkin akan terjadi.

Yang pertama kamu mungkin akan mengelilingi black hole. Black hole tentunya berwarna hitam dan diperkirakan tak berbentuk bulat sempurna. Black hole juga diperkirakan memiliki ukuran empat juta kali lebih besar dari matahari. Gravitasi yang terjadi di dalam black hole telah mengumpulkan banyak gas dan debu yang terakumulasi ke dalam bentuk spiral dengan lubang yang berputar-putar.

Black hole sendiri tidak dapat dilihat secara langsung karena terbentuk dari gas dan debu. Namun, gravitasi black hole yang melengkungkan sinar cahaya di sekitarnya menciptakan jejak visual dalam materi sekitarnya yang disebut sebagai bayangan lubang hitam.

Yang kedua kemungkinan kamu akan melihat cincin terang raksasa dan bulan sabit. Meskipun tidak dapat melihat bentuk black hole, orang yang berada di dalamnya akan melihat bayangan black hole yang dikelilingi oleh cincin terang dan bulan sabit. Walaupun black hole diperkirakan sangat gelap, namun menurut astrofisikawan dari University of Arizona, pandangan manusia akan tetap terang dan jelas di sana.

Kemudian yang terakhir adalah kamu akan mati terkoyak. Dijelaskan, ketika masuk ke lubang hitam, manusia akan meregang. Tubuh manusia akan memanjang. Manusia akan menjadi seperti spaggheti. Begitu masuk ke lubang hitam, manusia tak punya pilihan. Manusia tak bisa lari ataupun kembali karena perjalanan menuju black hole adalah merupakan perjalanan satu arah menurut para ilmuwan.

Hipotesis konvensional dari para ilmuwan menggambarkan saat melompat ke lubang hitam pertama, kaki manusia normal akan terasa lebih kuat dibanding dengan gravitasi kepala. Perbedaan gravitasi di kaki dan kepala akan semakin besar dan membuat tubuh manusia terkoyak. Gravitasi pasang surut pada black hole pun disebut akan merobek setiap sel, molekul, dan atom dalam tubuh Anda menjadi berkeping-keping.

Masuk ke black hole memang terdengar mengerikan. Namun, manusia mungkin tak perlu terlalu khawatir. Black hole terdekat dari Bumi adalah X-1, berjarak 6.000 tahun cahaya. Sangat jauh. Black hole itu baru akan berbahaya jika manusia berada 22.530 km darinya. Bahkan, Stephen Hawking baru-baru ini juga menyatakan bahwa black hole mungkin tidak ada. Kalau black hole saja tak ada, maka ancamannya pun demikian. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
21
Love
OMG OMG
11
OMG
Yaelah Yaelah
41
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
61
Ngakak