5 Negara Terkecil di Dunia


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Walaupun amat luas, namun masih saja terasa sempit lantaran pertumbuhan penduduk yang semakin pesat. Sebuah tempat dapat dikategorikan sebagai sebuah negara apabila memiliki wilayah dan juga penduduk. Tak peduli seberapa besar wilayahnya, yang jelas bisa ditempati oleh para penduduk di negara tersebut. Dari berbagai sumber yang dihimpun JadiBerita, berikut adalah 5 negara terkecil di dunia.

1. Tuvalu

Tuvalu (Merdeka)
Tuvalu (Merdeka)

Tuvalu terletak di wilayah Samudera Pasifik dan bertetangga dengan negara benua, Australia. Tuvalu memiliki luas wilayah sebesar 26 kilometer persegi. Negara kepulauan ini memiliki masyarakat dengan jumlah 10.000 jiwa dan hanya memiliki jalanan sepanjang delapan kilometer. Namun, disarankan penduduknya jangan sampai sakit lantaran hanya memiliki satu rumah sakit yang terletak di pulau utama. Negara ini dulunya merupakan bagian dari Inggris, dan merdeka pada tahun 1978. Tingkat pariwisatanya sedikit lantaran tempat ini susah dijangkau. Pada tahun 2010, negara ini didatangi kurang dari 2.000 orang. Para pelancong yang datang ke negara ini sebanyak 65 persen melakukan bisnis.

2. Nauru

Nauru (Merdeka)
Nauru (Merdeka)

Negara ini juga merupakan tetangga Negeri Kanguru, Australia. Memiliki wilayah sebesar 21 kilometer persegi, negara ini dijuluki sebagai negara diabetes tingkat dua terbesar di dunia. Hal tersebut lantaran wanita dan pria di negara ini hampir semuanya mengalami obesitas. Presentasenya sebanyak 97 persen laki-laki dan 93 persen wanita. Negara ini bisa saja menjadi surganya peselancar dunia lantaran pantainya yang indah dan ombaknya yang bergelung cantik. Penduduknya saja 40 persen adalah peselancar.

3. Liberland

Liberland (WowKeren)
Liberland (WowKeren)

Sekelompok orang memproklamirkan diri menjadi sebuah negara lengkap dengan bendera, konstitusi dan moto. Negara tersebut diberi nama Liberland. Wilayah Liberland merupakan sepotong tanah kecil antara Kroasia dan Serbia. Para masyarakat yang sudah ada menetap di tepi Sungai Danube. Seorang bernama Vit Jedlicka ditunjuk sebagai presiden untuk Liberland. Mereka pun mempunyai moto ‘Untuk hidup dan membiarkan hidup’. Negeri kecil itu secara resmi diproklamasikan pada 13 April dan pada Sabtu, 2 Mei kemarin, Liberland pun merayakan ‘Hari Kebebasan’ yang pertama.

4. Monako

Monako (Merdeka)
Monako (Merdeka)

Monako merupakan negara kedua terkecil di dunia. Terletak bersebelahan dengan Prancis, Monako merupakan rumahnya jutawan bahkan miliyuner dunia. Negara kecil nan kaya dan memiliki bendera sama dengan Indonesia ini menyumbangkan pendapatan per kapita terbesar sejagat, padahal luas wilayahnya hanya dua kilometer persegi. Penduduk Monako berjumlah 36.000 dan berbahasa Prancis. Negara ini juga terkenal dengan lintasan Formula 1 yang jalurnya melintasi jalanan kota.

5. Vatikan

Vatikan (Merdeka)
Vatikan (Merdeka)

Negara religius ini jadi negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya tidak mencapai satu kilometer persegi. Vatikan sebenarnya hanyalah wilayah sebuah gereja terbesar di dunia, Gereja katolik Santo Peter Basilica. Walaupun kecil wilayahnya, negara ini merupakan pusatnya agama Katolik di dunia. Negara ini mendapat penghasilan dari penjualan kartu pos, buah tangan turis, dan museum, serta dari banyaknya umat Katolik yang melakukan perjalanan wisata rohani di sana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
12
Love
OMG OMG
103
OMG
Yaelah Yaelah
38
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
23
Keren Nih
Ngakak Ngakak
55
Ngakak