FOTO: Hasil Editan Foto Zaman Dahulu Sebelum Ada Photoshop


Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto.

Untuk zaman serba teknologi seperti sekarang ini, memang tidak heran lagi kalau banyak yang yang di-edit menggunakan Photoshop. Namun bagaimana dengan foto-foto zaman dahulu, yang tentunya belum ada Photoshop? Bagaimana cara mereka melakukan manipulasi fotonya?

Seperti bisa dilihat pada foto di bawah, foto yang digunakan di sini adalah foto hitam-putih, dan foto tersebut diambil pada sekitar tahun 1800-an hingga awal tahun 1900-an. Tahun segitu jelas komputer masih belum ada, atau merupakan barang mewah serta hanya digunakan untuk departemen pemerintahan tertentu.

Sebagai contoh, ada seorang wanita yang seolah-olah dipeluk oleh hantu suaminya, serta ada pria tanpa kepala yang membawa kepalanya sendiri, serta banyak lagi manipulasi foto lainnya yang masih misteri bagaimana cara mereka melakukannya tanpa bantuan Photoshop.

Ingin melihat bagaimana manipulasi foto jauh sebelum adanya Photoshop? Langsung saja lihat foto-foto di bawah ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak