INDONESIA: Negara Ber-Demokrasi atau Ter-Liberalisasi?


Dewasa ini, Indonesia sedang mencoba bangkit sejak era pemerintahan Orde Baru berakhir. Reformasi â??98 telah menjadi batu pijakan bagi tatanan Indonesia teranyar. Indonesia yang lebih â??merdekaâ? dibanding sebelumnya. Sekarang, terhitung 13 tahun setelah kejadian itu, Negara ini mengalami suatu perubahan yang memang tidak signifikan namun cenderung bertahap. Indonesia saat ini adalah sebuah Negara yang memiliki kebebasan lebih, jauh jika dibandingkan dengan era Orde Baru.

Pada masa pemerintahan saat ini, publik bebas berpendapat. Publik bebas menyuarakan aspirasi serta opininya lewat pelbagai media massa. Media massa tidak henti-hentinya memberitakan bermacam-macam fenomena yang ada di Negara ini. Demokrasi telah benar-benar menancapkan eksistensinya di Negara ini.

Namun, tidakkah kita melihat hal ini semakin lama semakin menjadi bola salju yang terus membesar? Pemberitaan di media massa memperlihatkan sesuatu yang bergerak sangat-sangat bebas. Baik itu info yang berupa fakta atau hanya isu, yang pasti telah diberikan keleluasaan yang luar biasa. Entah ini adalah â??kebijakan pemerintahâ? itu sendiri atau memang karena era informasi untuk publik yang sudah â??kebablasanâ??

Jika kita melihat hal ini melalui kacamata pemerintah, demokrasi yang telah kita capai saat ini sepertinya sedang berada di jalur yang sedikit menyimpang. Pemerintah yang seharusnya memiliki kewajiban untuk memilah dan memilih info-info yang terkait dengan seluruh instansinya itu semestinya menyadari dan mempertegas hal ini. Bukan membatasi atau memberhentikan , tapi memberi kebijakan-kebijakan terentu kepada pelbagai media massa karena memang sudah sejatinya media dan pemerintah (politik) adalah â??saudara sekandungâ?.

Lalu jika kita melihat persepsi opini publik yang concern terhadap ideologi demokrasi ini, sudah sepatutnya untuk memberikan perhatian khusus terhadap pemberitaan yang dilayangkan oleh media massa kepada khalayak luas. Benar atau tidaknya demokrasi di Negara ini tidak terlepas dari buah opini publik yang kritis.

Hal inilah yang sekarang menjadi suatu tanda Tanya besar. Bagaimana sinergi seharusnya diperlihatkan oleh media massa dan pemerintah berjalan dengan seharusnya. Sekarang malah terlihat seperti tidak berimbang, media massa begitu banyak bekerja dan pemerintah malah terlihat santai-santai saja. Apakah hal ini berhubungan dengan maraknya korupsi di Negara ini? Entahlah. Yang pasti, akibatnya sangat terasa di setiap aspek.

Dan yang paling berbahayanya lagi jika disinformasi terjadi di Negara ini. Karena rakyat belum sepintar negara-negara maju, rakyat di Negara ini mudah terbawa arus. Jika dihubungkan dengan pelbagai hal yang â??bebasâ? dan diberitakan dengan habis-habisan, sulit untuk membayangkan mau seperti apa Indonesia ini nantinya. Untuk yang terakhir, berikut kutipan dari Plato yang sangat bermakna untuk demokrasi dalam politik, â??Democracy… is a charming form of government, full of variety and disorder; and dispensing a sort of equality to equals and unequals alike.â?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak