Keindahan Alam Indonesia di Film Bumi Sambhara


Jika selama ini film Indonesia didominasi untuk kalangan remaja atau dewasa, maka sebentar lagi akan hadir film yang dipersembahkan untuk anak-anak. Film itu berjudul “Bumi Sambhara”. Lewat film ini, tim produksi berniat mengekspos keindahan alam Indonesia.

Diproduksi oleh Moestion Pictures, ‘Bumi Sambhara’ merupakan film anak-anak dengan balutan sejarah Candi Borobudur. Selain itu, tema persahabatan juga dihadirkan sebagai pembungkus cerita.

“Kadang-kadang kalau kita ke Borobudur lihat banyak turis dalam dan luar negeri yang datang hanya untuk foto-foto. Sangat miris bangsa kita punya harta karun tapi hanya untuk ‘selfie’ doang, tanpa tahu makna dan bagaimana memeliharanya,” jelas sang sutradara, Pramono A. Chakil mengenai alasan digarapnya ‘Bumi Sambhara’ saat jumpa pers di Kawasan Hang Lekir, Jakarta Selatan, dikutip dari Detikcom, Rabu (20/5/2015).

“Ada nilai pluralisme di dalamnya sama seperti Indonesia yang dihuni banyak budaya dan agama. Ada juga nilai toleransi yang digambarkan para pemain utamanya,” tambah Chakil lagi.

Agar tidak membosankan, alur cerita film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Theresia Citraningtyas itu akan berbentuk petualangan. Lima aktor cilik pendatang baru diceritakan berasal dari beragam daerah di Indonesia, dari Makassar ada Azha yang berperan sebagai Bintang, Serafim dari Jayapura, Raja sebagai anak Aceh bernama Dahlan, Michael Davis sebagai Lukas dari Yogyakarta dan Fidya sebagai Tara dari Bali.

“Jadi ceritanya ada anak-anak Sekolah Dasar dari lima daerah berbeda yang menang lomba karya tulis. Mereka kemudian diberi kesempatan untuk pergi ke Borobudur dan menulis cerita tentang itu,” cerita sutradara lagi.

“Tapi kemudian ada salah satu anak yang diculik sama pencuri barang-barang sejarah. Nah, kejar-kejaran mereka itu kemudian tak sengaja membuka lorong waktu menuju zaman pembangunan Candi Borobudur dahulu kala. Segitu dulu,” tutup Chakil tersenyum usai memberikan bocoran cerita.

Selain para aktor cilik tadi, hadir juga Monic Oemardi, Ony Syahrial dan Untung Blangkon sebagai pemain. Dijadwalkan. Belum diketahui kapan tepatnya film ini tayang, namun “Bumi Sambhara” dijadwalkan akan tayang akhir tahun ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak